0
Thumbs Up
Thumbs Down

Jokowi Minta Akses Desa Terisolir Dibuka

Nusabali
Nusabali - Mon, 06 Jan 2020 08:45
Dilihat: 27
Jokowi Minta Akses Desa Terisolir DibukaBOGOR,
Presiden Jokowi menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera memperbaiki jalur dan membuka akses untuk desa-desa di Sukajaya, Bogor, yang terisolasi akibat longsor. Desa itu terisolasi sejak 1 Januari lalu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat menyerahkan 6.000 paket sembako untuk korban bencana longsor di Sukajaya, Bogor.

"Bapak Presiden sudah menginstruksikan kepada Menteri PU untuk membuka seluruh akses yang terisolasi di desa ini dan ada beberapa desa lagi (yang terisolasi), kalau nggak salah ada 6 desa, diperintahkan kepada Menteri PU oleh Bapak Presiden," kata Heru Budi usai menyerahkan bantuan 6.000 paket sembako dari Jokowi untuk korban bencana longsor Sukajaya, Bogor, seperti dilansir detik, Minggu (5/1).

Heru menyebut Kementerian PUPR sebenarnya sudah mulai melakukan upaya membuka akses jalan-jalan utama di Sukajaya yang terputus akibat longsor.

"Menteri PU dari kemarin malam sudah memberikan alat berat untuk membuka jalan, sampai hari ini masih bekerja, terkendala dengan cuaca," kata Heru Budi.

Hingga Minggu (5/1), masih ada 6 desa di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, yang terisolasi akibat longsor.

"Kalau nggak salah ada 6 desa (yang terisolasi), diperintahkan kepada Menteri PU oleh Bapak Presiden" kata Heru.

Desa-desa yang hingga kini masih terisolasi adalah Desa Pasir Madang, Desa Cileuksa, Desa Urug, Desa Cisarua, dan Desa Kiara Pandak. Jalan-jalan utama menuju 6 desa tersebut terputus akibat longsor. Akibatnya, warga yang ingin keluar dari desa masing-masing harus melewati medan berbukit dan jalan setapak.

Sebetulnya Jokowi hendak mengunjungi daerah terisolir di Sukajaya. Namun helikopter yang ditumpangi Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto balik kanan atau batal mendarat di Sukajaya. Sebab, cuaca ekstrem.

"Setengah jam kemudian balik ke Ats (Atang Sanjaya) setelah take off sekitar jam 08.30 WIB. Tapi tidak tahu lanjut ke mana setelah dari sini," ujar Komandan Skadron Udara 6 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja (Ats) Letkol Pnb Risdiyanto kepada Antara di Bogor, Minggu (5/1).

Ia menyebutkan, pada Minggu pagi, ada tiga unit helikopter yang diberangkatkan dari Lanud Atang Sanjaya. Satu rombongan presiden, dua lainnya ditumpangi Bupati Bogor Ade Yasin, dan digunakan untuk mengangkut logistik dengan tujuan ke lokasi yang terdampak bencana, yaitu Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Meski helikopter rombongan presiden balik kanan, dua helikopter lainnya tetap bisa mendarat. Menurutnya, cukup berisiko jika helikopter rombongan presiden dipaksakan menembus cuaca ekstrem.

Hingga kini pengiriman utama logistik masih mengandalkan jalur udara karena jalan utama tertimbun longsoran tanah di beberapa titik. *
Sumber: Nusabali

Jokowi Minta Akses Desa Terisolir Dibuka

Jokowi Minta Akses Desa Terisolir Dibuka

Jokowi Minta Akses Desa Terisolir Dibuka

Jokowi Minta Akses Desa Terisolir Dibuka

Jokowi Minta Akses Desa Terisolir Dibuka

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya