0
Thumbs Up
Thumbs Down

Jokowi Promosikan Bipang Ambawang alias Babi Panggang, Heboh!

genpi
genpi - Sun, 09 May 2021 03:30
Dilihat: 42

GenPI.co - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily meminta masyarakat tidak mempermasalahkan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal Bipang Ambawang alias Babi Panggang.

Menurut Ace Hasan Syadzily, tidak ada yang salah dengan pernyataan Jokowi yang mempromosikan babi panggang asal Pontianak, Kalimantan Barat itu.

BACA JUGA: Rela Berkorban Jiwa, Eks Ketua FPI Sobri Lubis Mendadak Beber Ini

"Pidato Presiden Jokowi itu tidak ada yang salah. Beliau bicara dalam konteks makanan dalam kaitannnya dengan adanya dua perayaan keagamaan yang hampir bersamaan dimana kita dilarang untuk mudik," jelas Ace Hasan Syadzily, Sabtu (8/5).

Namun, pernyataan Presiden Jokowi tersebut sudah ramai di media sosial, karena Jokowi menyebut babi panggang asal Pontianak itu sebagai salah satu kuliner khas daerah yang juga biasa dibawa untuk oleh-oleh mudik.

Pernyataan Jokowi tersebut ternyata ada dalam potongan video pidato Jokowi yang diunggah di akun YouTube Kementerian Perdagangan pada 5 Mei 2021.

BACA JUGA: Din Syamsuddin Bongkar Kekuatan Pojokkan Tokoh Islam, Ini Dia

Video bertajuk '05.05 Hari Bangga Buatan Indonesia' itu berisi acara peringatan bangga dengan produk lokal.

Selain Jokowi, ada sejumlah menteri yang juga berbicara dalam video tersebut. Jokowi awalnya mengingatkan bahwa saat ini pemerintah melarang mudik Lebaran demi keselamatan warga.

"Bapak/Ibu dan Saudara-saudara sekalian, sebentar lagi Lebaran. Namun, karena masih dalam suasana pandemi, pemerintah melarang mudik untuk keselamatan kita bersama," jelas Jokowi.

Dia lantas mengimbau warga memesan kuliner khas daerah secara daring. Salah satu yang dia sebut ialah bipang Ambawang, yang merupakan babi panggang khas Kalimantan Barat.

"Untuk Bapak/Ibu dan Saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," beber Jokowi.

Melihat pernyataan Jokowi meledak dan menjadi kontroversi di media sosial, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pun mengklarifikasi pernyataan Presiden Jokowi soal Bipang Ambawang.

"Berkaitan dengan pernyataan mengenai Bipang Ambawang, kita harus melihat dalam konteks secara keseluruhan. Pernyataan Bapak Presiden ada dalam video yang mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai dan membeli produk lokal," tegas Lutfi lewat keterangan video, Sabtu (8/5).

Lutfi menjelaskan, pernyataan Jokowi itu ditujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terdiri dari beragam suku agama dan budaya kuliner Nusantara dari berbagai daerah.

Pidato itu disampaikan dalam video rangka peringatan Hari Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan.

Namun, Menteri Perdagangan selaku penanggungjawab acara tersebut meminta maaf jika pernyataan itu menyebabkan kehebohan.

"Kami memastikan tidak ada maksud apapun dari pernyataan bapak presiden, kami meminta maaf sebesar-besarnya jika terjadi kesalahpahaman karena niat kami hanya ingin kita semua bangga dengan produk dalam negeri termasuk kuliner khas daerah, serta menghargai keberagaman bangsa kita," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.(*)

Video viral hari ini:

Sumber: genpi

Jokowi Promosikan Bipang Ambawang alias Babi Panggang, Heboh!

Jokowi Promosikan Bipang Ambawang alias Babi Panggang, Heboh!

Jokowi Promosikan Bipang Ambawang alias Babi Panggang, Heboh!

Jokowi Promosikan Bipang Ambawang alias Babi Panggang, Heboh!

Jokowi Promosikan Bipang Ambawang alias Babi Panggang, Heboh!

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya