0
Thumbs Up
Thumbs Down

Josep Bartomeu Tak Merasa Gagal di Barcelona

Football5star
Football5star - Sat, 16 Oct 2021 02:04
Dilihat: 67

Football5star.com, Indonesia - Josep Bartomeu, mantan presiden Barcelona buka suara setelah sekian lama bungkam. Setahun setelah pengunduran dirinya sebagai presiden Barcelona, Bartomeu memecah keheningan di tengah perdebatan tentang situasi keuangan klub asal Catalan tersebut.

Dalam wawancaranya dengan Mundo Deportivo seperti dikutip Football5star.com, Sabtu (16/10/2021), Josep Bartomeu menampik semua tudingan negatif yang diarahkan kepada dirinya dan manajemen Barca di era kepemimpinannya.

"Tidak, saya tahu bahwa kami berjalan dengan sangat serius dan bertanggung jawab. Kami memulai pada 2010 ketika menggantikan posisi Sandro Rosell. Forbes bahkan menilai kami sebagai klub paling berharga di dunia, dengan proyek dan rencana strategis," kata Josep Bartomeu.

"Kami adalah dewan yang paling aktif tetapi pada Maret 2020, manajemen mulai serius terkait masalah finansial dan mulai melakukan pemotongan karena munculnya pandemi, yang secara drastis menurunkan pendapatan. Dan sejak saat itu, kami mengalami pemotongan pendapatan," papar Bartomeu.

Josep Bartomeu tak menampik laporan yang menyebutkan bahwa di era kepemimpinannya, Barcelona sempat mengalami penurunan pendapatan mencapai angka 500 juta dollar Amerika Serikat.

"Ya dan itu menyebabkan utang bersih yang disesuaikan sekitar 500 juta dollar Amerika Serikat. Ada banyak kebingungan antara utang kotor dan bersih. Net di hitung di Barca sesuai dengan parameter LaLiga dan mengikuti statuta klub, yang menetapkan utang bersih dan utang lain yang disesuaikan, serta mengurangi investasi klub," ungkap Bartomeu.

Bartomeu juga tak menampik bahwa nilai utang tersebut disebabkan oleh manajemen di bawah kepemimpinan dirinya.

"Sampai Juni 2020 ya. Kami mengundurkan diri pada Oktober 2020 tetapi tanggung jawab kami dengan audit pada penutupan Juni 2020. Tentu saja, kami merasa bertanggung jawab atas manajemen hingga Oktober 2020,"

Josep Bartomeu Sebut Pandemi Covid-19 Sebagai Penyebabnya

Menurut Josep Bartomeu, kondisi keuangan Barcelona yang mengkhawatirkan lebih disebabkan faktor pandemi Covid-19. Menurutnya itu fakta yang tak terbantahkan.

"Kami dengan menjelaskan dampak Covid pada Barca. LaLiga mengatakan bahwa hingga Maret 2020, klub ini dikelola dengan ketat oleh parameter UEFA. Antara 2010 dan 2020, kami memiliki hampir 180 juta akulumasi (keuntungan) tetapi pada 14 Maret pendapat klub-klub di Eropa turun,"

"Kami telah menyesuaikan apa yang terjadi sejak saat itu. Dari Maret 2020 hingga Juni 2021 terjadi penurunan pendapatan hampir 500 juta dan pada tahun anggaran 2020-21, ada penurunan 330,"


"Perhitungan kami adalah tanpa Covid-19, kami hanya akan kehilangan pendapatan 50 juta tetapi hal seperti itu tidak muncul di media, dan itu membuat pusing mitra kami. Klub telah kehilangan uang dan berdampak sangat besar,"

Sumber: Football5star

Josep Bartomeu Tak Merasa Gagal di Barcelona

Josep Bartomeu Tak Merasa Gagal di Barcelona

Josep Bartomeu Tak Merasa Gagal di Barcelona

Josep Bartomeu Tak Merasa Gagal di Barcelona

Josep Bartomeu Tak Merasa Gagal di Barcelona

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya