0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kalori Mie Ayam Setara dengan Junk Food, Simak Tips Sehatnya!

Love Indonesia
Love Indonesia - Fri, 27 May 2022 10:00
Dilihat: 323
Kalori Mie Ayam Setara dengan Junk Food, Simak Tips Sehatnya!

KALORI mie ayam untuk satu porsi di perlu Anda ketahui demi kesehatan dan kelangsingan tubuh Anda. Makanan yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang. Tak heran jika banyak dijual gerobakan maupun di rumah makan.

Meski terlihat sehat karena mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, namun umumnya hidangan ini kurang bergizi seimbang, tinggi lemak jenuh, dan natrium. Terlebih mi yang digunakan belum tentu bebas pengawet.

Kandungan kalori mie ayam secara tepatnya memang berbeda-beda, tergantung dari cara pembuatannya masing-masing. Namun, dr Sylvia V dari Sehat Q mengatakan, umumnya mi dengan topping ayam di atasnya ini mengandung sekitar 400-500 kalori.

(Kalori Mie Ayam, Foto: @mieclubid/Instagram)

Hal itu selaras dengan penjelasan dr Devika Yuldharia dalam Alodokter. Dikatakan, jumlah kalori dalam 1 porsi mie ayam sekitar 421 kkal, dengan karbohidrat 46,21 gram, protein 16,7 gram, dan lemak 18,74 gram.

Nilai kandungan tersebut tentu bisa berbeda tergantung seberapa banyak porsinya dan tambahan topping yang diberikan. Belum lagi jika ditambah topping jamur, pangsit, bakso, hingga pelengkap lainnya.

Ya, rupanya jumlah kalori makanan ini setara dengan junk food, seperti burger atau paket fried chicken pada beberapa restoran tertentu, loh. Oleh karenanya, mie ayam tidak direkomendasikan sebagai menu harian karena pertimbangan tingginya kandungan lemak jenuh, natrium, dan kurang bergizi seimbang.

"Apabila Anda mengonsumsi mie ayam hanya satu kali seminggu, maka boleh-boleh saja, ya. Akan tetapi, pastikan bahwa pada hari-hari lainnya Anda mengonsumsi makanan lain yang bergizi seimbang," kata dr Sylvia V, dikutip dari SehatQ, Kamis (26/5/2022).

dr Sylvia V mengimbau masyarakat untuk tidak mengonsumsi kalori secara berlebihan. Rata-rata kalori yang dibutuhkan seorang wanita dewasa adalah sekitar 2.000 kalori, sedangkan laki-laki sampai 2.500 kalori. Hal ini bermanfaat agar berat badan selalu terjaga di angka ideal.

Namun, bagi Anda yang menggemari hidangan ini tak perlu berkecil hati. Berikut beberapa tips membuat mie ayam yang lebih sehat di rumah, dikutip dari Hello Sehat.

1. Menggunakan mi rendah kalori

Salah satu sumber kalori terbesar pada mie ayam berasal dari bahan dasarnya, yakni mie tepung. Sebagai solusinya, Anda dapat membuat mie ayam yang lebih sehat dengan mengganti mi tepung dengan bahan rendah kalori, seperti shirataki alias mi yang dibuat dari glucomannan. Setiap 1 gram glucomannan mengandung 1 kalori, dan seratus gram mie shirataki mengandung 3 gram glucomannan. Artinya, 100 gram mie shirataki hanya mengandung sekitar 3 kalori.

2. Memilih dada ayam tanpa kulit sebagai topping

Sebagian besar lemak pada ayam berasal dari bagian kulitnya. Mie ayam yang dijual biasanya ikut menyertakan kulit ayam agar menambah cita rasa gurih. Nah, agar anda bisa menyantap mie ayam yang lebih sehat, cobalah membuatnya sendiri dengan dada ayam tanpa kulit sebagai topping-nya. Dada ayam adalah sumber protein dan vitamin dengan kandungan lemak yang rendah.

3. Menambahkan sayuran

Bahan lain yang tidak boleh terlewatkan dari mie ayam adalah sayuran. Biasanya, mie ayam dilengkapi dengan sayuran berupa sawi hijau. Anda bisa membuat mie ayam yang lebih sehat lagi dengan menambahkan jenis sayuran lain yang mirip dengan sawi hijau, seperti bayam, kol, atau bok choy.


Sumber: okezone
Sumber: Love Indonesia

Kalori Mie Ayam Setara dengan Junk Food, Simak Tips Sehatnya!

Kalori Mie Ayam Setara dengan Junk Food, Simak Tips Sehatnya!

Kalori Mie Ayam Setara dengan Junk Food, Simak Tips Sehatnya!

Kalori Mie Ayam Setara dengan Junk Food, Simak Tips Sehatnya!

Kalori Mie Ayam Setara dengan Junk Food, Simak Tips Sehatnya!

  
Berita Trending Gaya Hidup
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya