0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kata Miliarder Ray Dalio tentang Sistem Kapitalisme Amerika

wartaekonomi
wartaekonomi - Mon, 11 Nov 2019 12:47
Dilihat: 5
Jakarta

Investor miliarder Amerika dan pendiri Bridgewater, Ray Dalio (70), bicara soal paradoks uang gratis atau free money dalam ekonomi global. Menurutnya, ketimpangan ekonomi telah menjadi darurat nasional.

Dalam tulisan yang diterbitkan di LinkedIn dengan judul "Dunia Telah Gila dan Sistemnya Rusak", Dalio menulis bahwa ada sejumlah indikator ekonomi termasuk suku bunga rendah yang menyebabkan sistem kapitalisme rusak dan tidak berkelanjutan. Menurutnya, ada sejumlah masalah termasuk utang pemerintah yang makin menggunung dan melebarnya kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin.

Baca Juga: Ekonomi Sulit, Kekayaan Taipan Dunia Menyusut Rp543 Kuadriliun

"Karena proses mendapatkan uang dari level atas ke pekerja dan lainnya dengan meningkatkan pendapatan dan kelayakan kredit tidak berhasil, sistem kapitalisme menjadi rusak," terang Dalio, dikutip RT, Rabu (04/11/2019).

Dalio menyalahkan kebijakan moneter the Federal Reserve karena menggelembungkan saham secara artifisial di luar nilai fundamentalnya.

"Investor punya sejumlah besar uang untuk diinvestasikan yang telah dan akan terus berlanjut, didorong oleh bank sentral yang membeli aset keuangan untuk mendorong agar kegiatan ekonomi dan inflasi terdongkrak," lanjutnya.

Menurut Dalio, orang yang kekurangan uang atau kelayakan kredit pada dasarnya tidak dapat mengakses modal. Hal ini berkontribusi pada melebarnya kesenjangan kekayaan, peluang, dan politik.

"Rangkaian keadaan ini tidak berkelanjutan dan tentu saja tidak bisa lagi didorong karena telah didorong sejak 2008. Itulah mengapa saya percaya dunia sedang mendekati perubahan paradigma besar," kata pria yang juga seorang filantropis ini.

Berdasarkan data Forbes, Dalio adalah salah seorang terkaya di AS dengan kekayaan senilai US$18,7 miliar. Ia pendiri perusahaan hedge fund terbesar Bridgewater yang mengelola dana sekitar US$160 miliar.

Bridgewater, perusahaan manajemen investasi yang dibentuk Dalio pada 1975, melayani klien-klien institusional termasuk dana pensiun, yayasan, asuransi, pemerintah asing, dan bank-bank sentral.

Penulis: Lili Lestari

Editor: Puri Mei Setyaningrum


Foto: CNBC.com

Sumber: wartaekonomi

Kata Miliarder Ray Dalio tentang Sistem Kapitalisme Amerika

Kata Miliarder Ray Dalio tentang Sistem Kapitalisme Amerika

Kata Miliarder Ray Dalio tentang Sistem Kapitalisme Amerika

Kata Miliarder Ray Dalio tentang Sistem Kapitalisme Amerika

Kata Miliarder Ray Dalio tentang Sistem Kapitalisme Amerika

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya