0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kecelakaan dan Pengguna Sepeda Motor Menurun Selama Kegiatan Mudik Lebaran

carmudi
carmudi - Sat, 15 Jun 2019 08:11
Dilihat: 153
Kecelakaan dan Pengguna Sepeda Motor Menurun Selama Kegiatan Mudik LebaranPara pemudik yang menggunakan sepeda motor. Foto:/Ilustrasi

Jakarta - Selama kegiatan mudik lebaran 2019 angka kecelakaan dan pengguna sepeda motor mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Hal iitu disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memimpin upacara apel penutupan Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019/1440 H.

"Satu hal yang paling penting bagi Kemenhub adalah suatu analisis terhadap safety. Sudah ditunjukkan dengan ada suatu penurunan yang signifikan berkaitan dengan kecelakaan yang turun lebih dari 70%. Tapi kita ingin lebih dari ini kedepannya," kata Menhub Budi dalam keterangan resminya.

Berdasarkan data milik Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan per Jumat (14/6), tercatat angka kecelakaan yang terjadi selama mudik lebaran 2019 turun sebesar 75%. Tahun lalu terjadi 2.234 kasus kecelakaan tahun ini hanya 563 kejadian.

Selain itu, Menhub juga menyampaikan terjadi penurunan tingkat penggunaan kendaraan sepeda motor yaitu 1.378.574 unit, atau turun sebesar 12,75 persen dibandingkan tahun lalu (1.580.016 sepeda motor).

"Ini suatu hasil yang baik dari himbauan-himbauan yang sudah kita lakukan," ungkapnya.

Atas capaian yang baik pada kegiatan mudik Lebaran tahun ini, Menhub mengapresiasi pihak-pihak terkait penyelenggaraan angkutan lebaran. Di antaranya TNI, Polri, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Basarnas, BMKG, dan lainnya atas koordinasi yang berjalan dengan baik sehingga angkutan lebaran tahun 2019 ini bisa berjalan dengan kondusif.

Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Mudik Lebaran 2019

Kementerian Perhubungan akan melakukan evaluasi terkait pelaksanaan lebaran tahun ini, untuk menjadi perbaikan pada pelaksanaan tahun selanjutnya. Beberapa hal yang akan diusulkan antara lain lebih mengintensifkan angkutan massal baik moda darat, laut, udara dan kereta api untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Kemudian pengaturan waktu cuti yang sama panjang pada saat arus mudik dan arus balik.


"Kedepan kita memang masih banyak tugas dan harus kita koordinasikan dengan baik. Katakan, kita harus mengatur waktu cuti yang sama panjangnya antara arus mudik dan arus balik. Kita harus mengusulkan pemberian THR lebih awal dan kita juga memberikan usulan-usulan kepada stakeholder yang lain agar kebijakan menjadi lebih baik. Intinya adalah kedepan, ada kecenderungan penggunaan angkutan individu yang lebih masif. Oleh karenanya, menjadi relevan apabila kita mengintensifkan angkutan massal baik itu angkutan darat, laut, udara dan kereta api," tutupnya.(dol)

Sumber: carmudi

Kecelakaan dan Pengguna Sepeda Motor Menurun Selama Kegiatan Mudik Lebaran

Kecelakaan dan Pengguna Sepeda Motor Menurun Selama Kegiatan Mudik Lebaran

Kecelakaan dan Pengguna Sepeda Motor Menurun Selama Kegiatan Mudik Lebaran

Kecelakaan dan Pengguna Sepeda Motor Menurun Selama Kegiatan Mudik Lebaran

Kecelakaan dan Pengguna Sepeda Motor Menurun Selama Kegiatan Mudik Lebaran

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya