0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kelulusan Siswa Berdasarkan Nilai Rapor

Nusabali
Nusabali - Sat, 28 Mar 2020 12:31
Dilihat: 28
Kelulusan Siswa Berdasarkan Nilai Rapor
Sebagai pengganti Ujian Nasional (UN), sekolah akan menghitung nilai rapor. Jika tidak dibatalkan, peserta UN SD sebanyak 7.384 siswa, 7.074 siswa SMP, 2.061 siswa SMK, dan 3.312 siswa SMA.

Gusti Ngurah Kartika mengatakan, pembatalan UN sudah ada solusinya. Sebagai penggantinya untuk SD, SMP, SMA/SMK sederajat menggunakan nilai rapor. "Misalnya untuk SD menggunakan nilai rapor dari kelas IV, kelas V dan kelas VI, ditambah nilai semester genap kelas VI untuk nilai tambahan," jelas Gusti Ngurah Kartika, Jumat (27/3). Sedangkan untuk SMP menggunakan nilai rapor 5 semester dari semester I, II, III, IV, dan V. "Jadi nilai kelulusan menggunakan nilai rapor," tegasnya.

Dijelaskan, jika sekolah memungkinkan menggelar ujian sekolah, hanya dalam bentuk portofolio, ditambah nilai rapor, dan prestasi yang pernah diraih siswa sebelumnya. "Bagi sekolah yang terlanjur menggelar ujian sekolah, nilai itu bisa digunakan untuk menentukan kelulusan," jelas Gusti Ngurah Kartika. Hanya saja untuk program kesetaraan paket A (setara SD), paket B (setara SMP), dan paket C (setara SMA) syarat kelulusannya ditentukan kemudian.

Terpisah, Ketua MKKS SMAN Karangasem, Wayan Sugiana, mengatakan kelulusan hanya menggunakan nilai rapor semester I, II, III, IV, dan V. "Bagi sekolah yang terlanjur gelar ujian sekolah, nilai itu bisa digunakan untuk menentukan kelulusan. Jika tidak, gunakan nilai rapor," kata Wayan Sugiana yang juga Kasek SMAN 1 Amlapura. Khusus untuk SMA di Karangasem telah menggelar ujian sekolah sehingga nilai itu bisa digunakan untuk menentukan kelulusan, ditambah nilai rapor. Sehingga syarat lulus tidak mesti harus ikut UN. Syarat-syarat lulus seperti tertuang dalam POS (prosedur operasional standar) tidak berlaku. Sedangkan untuk SMK, kelulusannya ditentukan nilai rapor dan hasil praktek kerja lapangan yang telah dilaksanakan sebelumnya. * k16
Sumber: Nusabali

Kelulusan Siswa Berdasarkan Nilai Rapor

Kelulusan Siswa Berdasarkan Nilai Rapor

Kelulusan Siswa Berdasarkan Nilai Rapor

Kelulusan Siswa Berdasarkan Nilai Rapor

Kelulusan Siswa Berdasarkan Nilai Rapor

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya