0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kemarau Panjang, Hasil Panen Bawang Putih Tak Memuaskan

Nusabali
Nusabali - Tue, 12 Nov 2019 13:04
Dilihat: 22
Kemarau Panjang, Hasil Panen  Bawang Putih Tak MemuaskanTABANAN,
Padahal dari segi kawasan, Desa Babahan sangat potensial mengembangkan bawang putih. Karena kekurangan air, tumbuhnya bawang putih tidak normal, umbinya pun mengecil.

Perbekel Desa Babahan I Made Sukapariana, mengatakan tahun 2019 Desa Babahan salah satu dari desa di Tabanan menjadi sentra penanaman bawang putih jenis lumbu hijau. Bantuan bibit yang didapat sekitar 625 kwintal ditanam di Subak Aya Babahan dengan luas lahan sekitar 125 hektare. "Sekarang memang sudah proses panen," ujarnya, Senin (11/11).

Kata Sukapariana, dari hasil panen yang dilakukan petani, hasil bawang putih diakui kurang memuaskan. Hal ini disebabkan tanaman kekurangan air karena musim kemarau. Di samping itu kebetulan Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Tabanan, tahun 2019 menerima kegiatan aliran sungai. Sehingga tidak ada akses air ke Subak Aya Babahan. "Kami akui karena pengaruh cuaca, pertumbuhan bawang putih kurang memuaskan tidak sesuai yang diharapkan," tegasnya.

Meskipun kurang memuaskan, namun petani masih mendapatkan hasil. Luasan per hektare didapatkan bawang putih sebanyak 6-7 ton. Namun kalau musim bagus bisa saja mencapai 7-8 ton. "Sekarang di Subak Aya yang terdiri enam tempek sebagai besar sudah panen dan akan panen," imbuh Sukapariana.

Menurut Sukapariana secara umum Desa Babahan dengan ketinggian 500-600 meter di atas permukaan air laut sangat potensial untuk sentra pengembangan bawang putih. Pada 1982 bawang putih menjadi produk unggulan yang memberikan nilai ekonomi untuk pemberdayaan masyarakat.

Apalagi dalam penanaman bawang putih masih didukung dengan pola tanam padi Bali. Karena masyarakat di Desa Babahan dalam menanam bawang putih tidak mengolah tanah, melainkan langsung menanam di bawah batang padi. "Yang jelas sangat potensial. Jika tahun depan kembali diberikan bantuan akan kami manfaatkan. Mudah-mudahan cuaca mendukung," harap Sukapariana.

Sebelumnya, Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan di 2019 mendapat bantuan bawang putih jenis lumbu hijau dan lumbu kuning dari Kementerian Pertanian sebanyak 123 ton. Bantuan tersebut telah ditanam di tiga kecamatan, yakni, Kecamatan Penebel, Kecamatan Pupuan, dan Kecamatan Baturiti. Proses penanaman sudah 90 persen sejak Agustus 2019. *des
Sumber: Nusabali

Kemarau Panjang, Hasil Panen Bawang Putih Tak Memuaskan

Kemarau Panjang, Hasil Panen Bawang Putih Tak Memuaskan

Kemarau Panjang, Hasil Panen Bawang Putih Tak Memuaskan

Kemarau Panjang, Hasil Panen Bawang Putih Tak Memuaskan

Kemarau Panjang, Hasil Panen Bawang Putih Tak Memuaskan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya