0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kembali Beraktivitas Kantor, Ini Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

Rumah
Rumah - Tue, 07 Jul 2020 17:54
Dilihat: 53
Kembali Beraktivitas Kantor, Ini Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

- Setelah beberapa bulan masa pandemi beberapa sektor bisnis kembali operasional dengan menerapkan beberapa standar baru atau new normal. Colliers International Indonesia (CII) kembali memberikan rekomendasinya untuk sektor perkantoran.

Perusahaan riset, konsultasi, dan manajemen properti Colliers International Indonesia (CII) kembali merilis insight dan rekomendasinya untuk situasi back to work dengan penerapan tempat kerja maupun efisiensi pada masa pandemi ini. Beberapa insight yang dikeluarkan akan mengeksplorasi situasi pasar perkantoran, kebijakan, maupun prosedur yang direkomendasikan dan bisa diterapkan pada perkantoran saat situasi wabah.

Menurut Bagus Adikusumo, Head of Office Services CII, saat situasi pasar untuk sektor perkantoran saat ini sebagian besar gedung kantor harus lebih peduli mengenai bagaimana mengisi ruang yang dimiliki untuk permintaan ruang perkantoran yang terus menurun namun bukan berarti meniadakan potensi yang lain.

"Kami melihat akan ada sejumlah tren yang bisa terjadi untuk masa yang akan datang seperti pemindahan kantor ke wilayah pinggiran kota yang sudah dilakukan beberapa kantor di luar negeri. Tapi untuk Indonesia, akan memerlukan waktu yang lebih panjang untuk bisa menerapkan hal seperti ini," ujarnya.

Hal yang justru penting dilakukan untuk sektor perkantoran, jelas Bagus, perusahaan harus membuat kebijakan untuk situasi pasca pandemi atau new normal dengan prosedur yang sesuai dengan standar rekomendasi kesehatan yang telah ditetapkan. Begitu juga untuk berbagai hal teknis dalam konteks operasional pekerjaan perkantoran.

Beberapa perusahaan juga telah menyiapkan berbagai rencana yang matang sebelum akhirnya membuka kembali operasionalnya. Langkah yang paling penting adalah bagaimana mengatur strategi tempat kerja untuk membantu menyelaraskan masa depan bisnis dan menerapkan cara-cara kerja maupun penataan ruang kerja untuk solusi yang lebih jangka panjang.

Jangan panik, tetap waspada. Rumah.com selalu ada bersama Anda melewati COVID-19. Cari tau selengkapnya di sini.

Salah satunya perkantoran saat ini selain harus menyiapkan desain yang menerapkan protokol pandemi, harus menyiapkan juga ruang kesehatan untuk antisipasi kejadian yang tidak terduga. Ruang kesehatan bisa digunakan juga unutk meminimalkan pergerakan orang yang merasa kurang sehat sebelum mengirimnya ke fasilitas kesehatan.

Setelah menerapkan berbagai hal, tahap yang juga penting adalah evaluasi untuk periode setidaknya tiga bulan pertama setelah kembali mengoperasionalkan kegiatan perkantorannya. Apakah perlu dilakukan pengerjaan ulang terkait desain tempat kerja, penambahan, maupun pengurangan tim untuk tanggap bencana, dan sebagainya.

"Harus bisa dipastikan saat kita memulai kembali operasional kantor apakah telah menerapkan rencana darurat dan memiliki tim pemulihan bencana. Perlu ditekankan kembali apa praktik terbaik khususnya dalam kesiapan kita melaksanakan kembali operasional dengan menambahkan beberapa prosedur maupun pedoman baru sesuai dengan temuan maupun peraturan pemerintah yang baru," jelas Bagus.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar PropertidanPanduan Referensiseputar properti dari Rumah.com


Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Rumah

Kembali Beraktivitas Kantor, Ini Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

Kembali Beraktivitas Kantor, Ini Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

Kembali Beraktivitas Kantor, Ini Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

Kembali Beraktivitas Kantor, Ini Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

Kembali Beraktivitas Kantor, Ini Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya