0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kemenag Resmi Luncurkan Program Penceramah Bersertifikat

Republika Online
Republika Online - Fri, 18 Sep 2020 10:48
Dilihat: 48
Kemenag Resmi Luncurkan Program Penceramah Bersertifikat

JAKARTA -- Program penguatan penceramah agama atau penceramah agama bersertifikat resmi diluncurkan Kementerian Agama di Jakarta pada Jumat (18/9). Program tersebut diresmikan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi yang mewakili Menteri Agama Fachrul Razi.

"Atas nama Kementerian Agama, secara resmi saya me-launching penceramah agama bersertifikat, atau program penguatan penceramah agama dengan membaca basmalah. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing dan mengarahkan kita semuanya," kata Zainut meresmikan program tersebut, yang ditayangkan melalui video konferensi.

Dalam pidatonya, Zainut menyampaikan, peluncuran program penceramah agam bersertifikat ini momen baik yang harus dimanfaatkan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan keagamaan. Dia mengatakan, kehadiran para tokoh agama sangat dinanti oleh masyarakat.

"Kementerian Agama sangat concern dalam mendorong peran yang lebih luas dari para penceramah dalam pembangunan bidang agama. Karena itulah saya takkan berhenti membuka diri untuk juga proaktif menjalin kerja sama dan kemitraan dengan seluruh ormas keagamaan dalam optimalisasi peran para penceramah agama," katanya.

Zainut juga menuturkan, pembangunan bidang agama kini menemukan momentum untuk terus berkembang. Ada banyak kebijakan pemerintah yang telah mendorong partisipasi publik dalam pembangunan. Termasuk di dalamnya pembangunan bidang agama. Pemerintah pun sebagaimana tertera dalam RPJMN maupun Renstra telah menetapkan isu-isu keagamaan sebagia pilar pembangunan nasional.

Pemerintah, lanjut Zainut, menyadari tidak semua langkah pembinaan dapat dilakukan seorang diri. Bangsa ini dibangun oleh kebersamaan dan kebersamaan itulah yang mendorong Kementerian Agama terus meningkatkan kualitas serta bekerja sama dengan stakeholder seperti pimpinan ormas kegamaan untuk bersama-sama merumuskan dan menjalankan fungsi pembinaan keberagamaan ini.

"Inilah yang melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan penceramah agama bersertifikat. Ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi para penceramah agama sehingga dapat memenuhi tuntutan zaman dan sekaligus meneguhkan perannya di tengah modernitas. Tak bisa dipungkiri, ada banyak perubahan zaman yang harus kita jawab dengan perspektif yang moderat," katanya.

Melalui program penceramah agama bersertifikat, Kemenag berharap agar penceramah bertambah wawasannya dan kompetensi ilmunya serta memiliki integritas kebangsaan yang tinggi. Ini dalam rangka mensyiarkan keberagamaan yang moderat langsung kepada masyarakat. "Kita berharap langkah pembinaan ini semakin menjawab apa yang dibutuhkan umat, bangsa, dan negara," ucapnya.

Wamenag juga menyampaikan, ada banyak program dan kegiatan pembinaan keumatan yang telah disusun oleh Kemenag. Namun semua ini tak mungkin dijalankan sendiri. Karena itu, kehadiran para tokoh agama dan penceramah agama akan membantu terlaksananya pembinaan umat yang komprehensif.

"Bangsa ini memanggil para tokoh agama dan penceramah untuk berkontribusi lebih luas di tengah hantaman berbagai cobaan umat beragama yang sangat membutuhkan kehadiran kita semuanya, untuk memberi solusi dan pencerahan," imbuhnya.

Berita Terkait
  • Bantuan untuk Pesantren Dipotong? Ini Tanggapan Kemenag
  • Kiai Kampung, Perlukah Bersertifikat?
  • Kemenag Hargai Sikap MUI Tolak Penceramah Bersertifikat
Berita Lainnya
  • Bale Dikabarkan akan Terbang ke Inggris Jumat Ini
  • Addas, Penganut Nasrani yang Dapat Hidayah di Taif

Kemenag Resmi Luncurkan Program Penceramah Bersertifikat

Kemenag Resmi Luncurkan Program Penceramah Bersertifikat

Kemenag Resmi Luncurkan Program Penceramah Bersertifikat

Kemenag Resmi Luncurkan Program Penceramah Bersertifikat

Kemenag Resmi Luncurkan Program Penceramah Bersertifikat

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya