0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kemenhub Dorong Transpatriot Jadi Bus Percontohan

Republika Online
Republika Online - Wed, 14 Aug 2019 05:37
Dilihat: 26
Kemenhub Dorong Transpatriot Jadi Bus Percontohan

BEKASI -- Kementerian Perhubungan mendorong Dinas Perhubungan Kota Bekasi bersama PDMP (Perusahaan Daerah Mitra Patriot) untuk segera mengoperasikan bus hibah pada Rabu (14/8). Tak cukup sampai di situ, Kemenhub juga mendorong agar PDMP dapat menggandeng pihak ketiga dalam mengoperasikan bus tersebut. Sehingga pengoperasian bus tersebut menjadi percontohan bagi wilayah lainnya.

Direktur Angkutan Jalan Perhubungan Darat, Ahmad Yani mengeluhkan, bantuan bus dari Kementerian Perhubungan sempat tertunda delapan bulan. Namun, ia menyatakan keterlambatan tersebut masih dapat dimaklumi. Alasannya, ada daerah lain yang memiliki keterlambatan lebih dari satu tahun.

"Di Bogor tahun 2017 sudah dikasih semua. Sampai akhir 2018 tidak berjalan karena tidak ada biaya penguningan (mengubah plat nomor kendaraan berwarna kuning/angkutan umum)," kata Ahmad Yani dalam jumpa pers di Kantor Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jalan Pangeran Jayakarta nomor 1, Harapan Mulya, Medan Satria, Kota Bekasi, Selasa (13/8).

Direktur Angkutan Darat itu mengaku, selain karena keterlambatan operasi, perbincangan masalah bus menjadi sangat ramai karena sebelumnya terdapat bus transjakarta yang mangkrak. "Saya diperintah oleh Pak Menteri agar bus ini sebisa mungkin harus dapat beroperasi besok," ujarnya.

Meskipun terlambat, namun Ahmad Yani juga mengapresiasi PDMP yang berencana melakukan kerja sama dengan pihak ketiga. Dengan demikian, biaya operasional bus dapat ditekan dengan bantuan dari pihak ketiga tersebut. Ia pun mengaku tertarik dengan inovasi tersebut. Pasalnya pembangunan moda transportasi saat ini harus dikaitkan dengan teknologi.

"Siapa yang tidak tergiur jika operasionalnya dibiayai oleh pihak ketiga. Ini akan menjadi role model untuk kami ke depannya," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dinas Perhubungan Kota Bekasi menyanggupi permintaan Kemenhub untuk menghubungkan antara jalur LRT dengan trayek Transpatriot. Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Dadang Ginanjar menjelaskan, pihaknya akan membangun empat rute Transpatriot.

Hingga saat ini, pihaknya baru mengisi satu rute dengan sembilan unit bus. Nantinya, ke-20 bus hibah tersebut rencananya akan digunakan untuk mengisi rute dua, Wisma Asri-Sumber Arta. Serta rute tiga, Summarecon-Vida.


Berita Terkait
  • Trans Patriot Bekasi akan Operasikan Dua Trayek Baru
  • Trans Patriot Bekasi Siap Operasikan Bus Hibah
  • Bekasi akan Denda Pemilik Reklame Ilegal Setahun Pajak
Berita Lainnya
  • Infrastruktur Luar Jawa Minim, Pengembangan Manufaktur Sulit
  • Kapan Anak Boleh Punya Akun Media Sosial Pribadi?

Kemenhub Dorong Transpatriot Jadi Bus Percontohan

Kemenhub Dorong Transpatriot Jadi Bus Percontohan

Kemenhub Dorong Transpatriot Jadi Bus Percontohan

Kemenhub Dorong Transpatriot Jadi Bus Percontohan

Kemenhub Dorong Transpatriot Jadi Bus Percontohan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya