0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kemenparekraf Pastikan Hotel Terapkan Protokol Kesehatan

Republika Online
Republika Online - Wed, 05 Aug 2020 23:08
Dilihat: 35
Kemenparekraf Pastikan Hotel Terapkan Protokol Kesehatan

JAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memastikan protokol kesehatan diterapkan dalam adaptasi kebiasaan baru. Utamanya, oleh para pelaku usaha perhotelan dan restoran di Tanah Air.

Protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Enviromental Sustainability) yang diinisiasi Kemenparekraf dinilai sangat penting diterapkan oleh pelaku usaha di bidang hotel dan restoran. Termasuk juga para konsumen di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"CHSE ini akan menggerakkan semua kegiatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. CHSE ini diperlukan agar kita mempunyai persamaan langkah menuju kebiasaan baru," kata analis kebijakan Kemenparekraf, Noviendi Makalam, Rabu (5/8).

Noviendi menjelaskan Kemenparekraf telah menerbitkan buku panduan protokol kesehatan di bidang hotel, restoran, dan pelaku usaha ekonomi kreatif yang dapat diunduh di situs web https://www.kemenparekraf.go.id/.

Buku panduan ini dibuat seaplikatif dan semudah mungkin agar dimengerti oleh lapisan masyarakat baik pengusaha, pelaksana, maupun pembina kepariwisataan dan ekonomi kreatif. Tenaga Ahli Menteri Bidang Manajemen Strategis Kemenparekraf, Achmad Syahreza, mengatakan bisnis pariwisata adalah bisnis kepercayaan sehingga para pelaku usaha dan ekonomi kreatif harus dapat menjalankan protokol kesehatan sebaik-baiknya.

Tujuannya, untuk memudahkan dalam membangun rasa percaya dan aman bagi wisatawan. "Sekarang ini, yang terpenting adalah membangkitkan rasa percaya sehingga wisatawan mau berwisata lagi tapi tetap aman dari Covid-19," ujar Syahreza.

Kapoksi Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat RI, Dewi Coryati, menyebut pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan lama menuju kebiasaan baru dalam hal perilaku masyarakat. Selama vaksin belum ditemukan, maka tren berwisata akan mendorong wisatawan memilih destinasi wisata dengan lingkungan yang memiliki protokol kesehatan yang memadai, termasuk hotel dan restoren sekitar tempat wisata.

"Tren wisata kini yaitu wisata alam atau eco tourism, kearifan lokal, destinasi jarak pendek, atau travel domestik, destinasi yang bersih, aman, sehat, dan dengan protokol kesehatan," ujar Dewi.

Senior Medical Consultant ALODOKTER, dr Alain Sihombing, mengatakan untuk mencegah penularan Covid-19 di tempat kerja khususnya di bidang perhotelan dan restoran, maka harus selalu menjaga protokol kesehatan. "Menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan, membersihkan area hotel atau restoran, selalu menerapkan physical distancing hingga selalu menggunakan alat pelindung diri (APD)," ujarnya.

Restoran dan hotel, disarankan memperbanyak spot-spot cuci tangan. Terlebih lagi kepada rekan-rekan yang memegang makanan langsung seperti koki atau yang membawa makanan ke pelanggan. Terapkan setidaknya sepekan sekali secara berkala untuk melakukan pembersihan dan desinfektan area wisata. "Atau bisa juga rajin membersihkan area termasuk tempat duduk yang telah diduduki oleh pengunjung," ujar dr Alain.






Berita Terkait
  • Pelaku Parekraf Desa Tanjung Burung Diajak Sambut New Normal
  • Pertama Kalinya, Event Baparekraf Game Prime Digelar Online
  • Gerakan BISA Diharapkan Dorong Pemulihan Pariwisata di Kepri
Berita Lainnya
  • Kemendikbud Usulkan Ijen Jadi Jaringan Geopark Dunia
  • Pemprov Sulut Bantu IKM Tomohon terdampak Covid-19

Kemenparekraf Pastikan Hotel Terapkan Protokol Kesehatan

Kemenparekraf Pastikan Hotel Terapkan Protokol Kesehatan

Kemenparekraf Pastikan Hotel Terapkan Protokol Kesehatan

Kemenparekraf Pastikan Hotel Terapkan Protokol Kesehatan

Kemenparekraf Pastikan Hotel Terapkan Protokol Kesehatan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya