0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kenali Kisaran Seri Pendanaan Mulai dari Seri A Hingga G

wartaekonomi
wartaekonomi - Tue, 08 Oct 2019 21:32
Dilihat: 25
Jakarta

Memasuki era revolusi industri keempat, perusahaan rintisan atau startup menjadi tren bisnis yang sedang berkembang. Startup sendiri tidak hanya menjadi tren, namun mampu menjadi solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat. Tidak lepas dari startup, pendanaan menjadi poros penting selain pendapatan. Pendanaan sendiri terbagi dari beberapa seri yang berkisar dari seri A hingga G.

Seri A adalah tahapan pendanaan yang dimulai ketika usaha sudah dimulai dan memiliki pengguna serta jasa atau produk yang dapat diandalkan. Kisaran pendanaan seri A sendiri berkisar dari US$3 juta hingga US$10 juta. Contoh dari pendanaan seri A ini seperti investasi yang dilakukan oleh Frontier Car Group sebesar US$10 juta kepada startup Beli Mobil Gue.

Baca Juga: Julo Raih Pendanaan Seri A US$10 Juta, Dipimpin Quona Capital

Lanjut ke Seri B, pendanaan ini biasanya dilakukan setelah pendanaan seri A berjalan dengan tujuan untuk mengembangkan cakupan pasar yang lebih luas. Selain Return Of Investment (ROI) yang sudah bergerak cepat, kisaran pendanaan ini dimulai dari US$10 juta hingga US$25 juta. Salah satu pendanaan ini dilakukan oleh Sequoia Capital India kepada Mokapos.com sebesar US$24 juta.

Pada pendanaan seri C, perusahaan rintisan yang mendapat suntikan dana ini sudah mampu mengelola perusahaan dengan target untuk mencapai keuntungan tertentu sesuai dengan jumlah pendanaan hingga ekspansi secara global. Pendanaan seri C didapatkan oleh abejainc.com dari SBI Investment sebesar US$38,4 juta.

Kemudian di seri D, akulaku.com mendapatkan suntikan dana sebesar US$100 juta dari Ant Financial Service, sebuah perusahaan afiliasi dari Alibaba.

Seri E sendiri masih memiliki kisaran yang sama dengan seri D. Perusahaan e-commerce Tokopedia mendapatkan suntikan dana dari 3 investor yakni SoftBank Telecom Corp, SoftBank Ventures Asia, dan Sequoia Capital India dengan nilai investasi sebesar US$100 juta.

Seri F sendiri memiliki jenjang yang cukup lebar dibanding seri sebelumnya. Perusahaan penyedia jasa layanan on demand Gojek dan perusahaan e-commerce Bukalapak menjadi perusahaan yang mendapatkan pendanaan seri ini. Gojek mendapatkan suntikan dana sebesar US$930 juta dari Tencents Holding, Google, dan JD.com. Bukalapak yang nilai valuasinya naik dari US$2 miliar menjadi US$2,5 miliar setelah mendapat suntikan dana dari Shinhan GIB.

Seri G menjadi seri dengan pendanaan yang mencapai miliaran dollar. Tokopedia jadi salah satu yang mendapatkan pendanaan ini dari SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group sebesar US$1,1 miliar.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita

Editor: Puri Mei Setyaningrum


Foto: Unsplash/Colin Watts

Sumber: wartaekonomi

Kenali Kisaran Seri Pendanaan Mulai dari Seri A Hingga G

Kenali Kisaran Seri Pendanaan Mulai dari Seri A Hingga G

Kenali Kisaran Seri Pendanaan Mulai dari Seri A Hingga G

Kenali Kisaran Seri Pendanaan Mulai dari Seri A Hingga G

Kenali Kisaran Seri Pendanaan Mulai dari Seri A Hingga G

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya