0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kisah Menarik Pernikahan Sahabat Rasulullah

inilahcom
inilahcom - Mon, 07 Oct 2019 13:00
Dilihat: 22
Kisah Menarik Pernikahan Sahabat Rasulullah

ADA kisah menarik dari pernikahan Abdurrahman bin Auf yang sebelumnya dipersaudarakan dengan Sa'ad bin Ar-Rabi' Al-Anshari.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, ia menyatakan bahwa 'Abdurrahman bin 'Auf pernah dipersaudarakan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dengan Sa'ad bin Ar-Rabi' Al-Anshari. Ketika itu Sa'ad Al-Anshari memiliki dua orang istri dan memang ia terkenal sangat kaya. Lantas ia menawarkan kepada 'Abdurrahman bin 'Auf untuk berbagi dalam istri dan harta. Artinya, istri Sa'ad yang disukai oleh 'Abdurrahman akan diceraikan lalu diserahkan kepada 'Abdurrahman setelah 'iddahnya. 'Abdurrahman ketika itu menjawab, "Semoga Allah memberkahimu dalam keluarga dan hartamu. Cukuplah tunjukkan kepadaku di manakah pasar."

Lantas ditunjukkanlah kepada 'Abdurrahman pasar lalu ia berdagang hingga ia mendapat untung yang banyak karena berdagang keju dan samin. Suatu hari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melihat pada 'Abdurrahman ada bekas warna kuning pada pakaiannya (bekas wewangian dari wanita yang biasa dipakai ketika pernikahan, pen.). Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam lantas mengatakan, "Apa yang terjadi padamu wahai 'Abdurrahman?" Ia menjawab, "Wahai Rasulullah, saya telah menikahi seorang wanita Anshar." Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam kembali bertanya, "Berapa mahar yang engkau berikan kepadanya?" 'Abdurrahman menjawab, "Aku memberinya mahar emas sebesar sebuah kurma (sekitar lima dirham)." Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata ketika itu,

"Lakukanlah walimah walaupun dengan seekor kambing." (HR. Bukhari, no. 2049, 3937 dan Muslim, no. 1427. Lihat Syarh Shahih Muslim, 7:193)

Pelajaran dari hadits:
- Boleh seorang imam bertanya tentang keadaan jamaahnya yang sudah lama tak terlihat.
- Boleh seorang wanita memakai wewangian untuk suaminya, bahkan dianjurkan untuk tampil wangi di hadapan suami, lebih-lebih lagi di malam pertamanya.
- Tidak masalah jika ada bekas wewangian istri ada pada baju suami kalau memang tidak disengaja walau yang terkena sebenarnya adalah syi'ar khas para wanita. Namun asalnya tetap tidak boleh laki-laki tasyabbuh (menyerupai) wanita.


[baca lanjutan]

Sumber: inilahcom

Kisah Menarik Pernikahan Sahabat Rasulullah

Kisah Menarik Pernikahan Sahabat Rasulullah

Kisah Menarik Pernikahan Sahabat Rasulullah

Kisah Menarik Pernikahan Sahabat Rasulullah

Kisah Menarik Pernikahan Sahabat Rasulullah

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya