0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kisah Penyintas Covid-19, Terpapar Saat Rapat

Republika Online
Republika Online - Thu, 22 Oct 2020 20:13
Dilihat: 38
Kisah Penyintas Covid-19, Terpapar Saat Rapat

JAKARTA -- Penyakit Covid-19 menular begitu mudahnya antar manusia di saat yang tak terduga. Hal ini dialami Hamid Abidin, salah satu penyintas Covid-19 yang sudah sembuh.

Ia mengisahkan, kabar pertama kali dia dinyatakan positif Covid-19, saat itu sedang bersiap untuk sholat Jumat. Sekitar satu jam sebelum ibadah tersebut dimulai, dia mendapatkan surat keterangan hasil swab yang dikirim dari Rumah Sakit EMC Sentul melalui Whatsapp.

"Saya positif terpapar virus Covid-19. Saya yang sudah siap-siap berangkat jumatan akhirnya mengurungkan niat dan kembali masuk kamar. Ya, sejak itulah saya menjalani isolasi total secara mandiri di kamar," kata Hamid, kepada Republika.co.id, Kamis (22/10).

Sebelumnya, ia mengatakan dia sudah melakukan isolasi diri sejak mengetahui pernah berinteraksi dengan salah seorang yang terkonfirmasi positif. Awalnya, ia tidak menyangka juga terpapar karena selama ini tidak mengalami gejala. "Optimisme itu ambyar setelah saya menerima hasil tes swab/PCR dari rumah sakit," kata dia.

Proses penularannya pun tidak terbayangkan oleh Hamid. Saat itu, ia menghadiri rapat dalam rangka supervisi penulisan laporan akhir sebuah penelitian. Di dalam rapat itu, ia sudah melakukan protokol kesehatan. Keamanan yang ketat juga dilakukan oleh orang-orang yang hadir dalam rapat tersebut.

Hamid menjelaskan, pertemuan tersebut diikuti oleh empat orang di ruang tertutup dengan tetap menjaga jarak. Semua peserta juga menggunakan masker, bahkan ada peserta yang menggunakan pelindung wajah.

Lalu, bagaimana bisa ia tertular Covid-19? Menurut Hamid, ada satu waktu para peserta rapat sedikit lengah yakni saat makan siang beserta camilannya. "Kehadiran dan godaan camilan saat makan siang itulah, saya dan peserta rapat lainnya beberapa kali membuka masker untuk minum dan mengudap camilan," kata dia.

Bahkan, peserta rapat sempat membuka masker cukup lama saat makan siang sambil mengobrol berbagai macam hal. Tanpa diketahui, salah satu dari peserta rapat saat itu sebenarnya sudah terpapar Covid-19.

Pada Senin malam atau empat hari setelah pertemuan itu, Hamid mendapatkan informasi salah satu peserta rapat terkonfirmasi positif Covid-19. Setelah mendengar kabar tersebut, dia beserta semua peserta rapat dan penghuni kantor memutuskan menjalani tes swab. "Hasilnya, beberapa orang dinyatakan positif, namun ada beberapa yang negatif," kata Hamid menjelaskan.

Bagi Hamid, kejadian ini menjadi pelajaran berharga. Ia berpesan, jangan lengah terhadap virus COvid-19 dan jangan abaikan protokol kesehatan. Perlu juga untuk menghindari aktivitas-aktivitas yang rentan menularkan virus.


Berita Terkait
  • Daerah Agar Perketat Protokol Kesehatan Saat Libur Panjang
  • Jakarta Barat Tindak 18 Tempat Usaha Pelanggar PSBB
  • Menristek Ungkap Rencana Bangun Pabrik Vaksin di Serpong
Berita Lainnya
  • Panen di Konawe Selatan, Mentan: Jadilah Pejuang Pertanian
  • Kasatgas Covid-19: Angka Kesembuhan Terus Membaik

Kisah Penyintas Covid-19, Terpapar Saat Rapat

Kisah Penyintas Covid-19, Terpapar Saat Rapat

Kisah Penyintas Covid-19, Terpapar Saat Rapat

Kisah Penyintas Covid-19, Terpapar Saat Rapat

Kisah Penyintas Covid-19, Terpapar Saat Rapat

  
PARTNER KAMI
pijar
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
harian pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya