0
Thumbs Up
Thumbs Down

Koalisi Pendukung Jokowi 'Korslet', Nasib Nasdem di Ujung Tanduk

wartaekonomi
wartaekonomi - Sat, 09 Nov 2019 13:39
Dilihat: 47
Jakarta

Langkah Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh, yang menjalin komunikasi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dinilai bagian manuver politik di awal pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Sikap Nasdem pun disindir saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri HUT ke-55 Partai Golkar belum lama ini. (Baca juga: Jokowi Sindir Surya Paloh karena Berangkulan dengan Presiden PKS

CEO Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai sudah ada persoalan di internal koalisi Jokowi pada periode kedua. Dia mengibaratkan persoalan itu seperti korsleting listrik atau hubungan arus pendek. Asapnya sudah terlihat.

Baca Juga: PDIP Ngaku Cekcok dengan Nasdem, Sindiran Jokowi Jadi Sebabnya?

"Hanya karena soal tetek bengek yang tidak terlalu mendasar, urusan sepele, hanya soal personal, mestinya mereka ribut kalau soal kepentingan rakyat," kata Pangi kepada SINDOnews, Sabtu (9/11/2019).

Pangi melihat keberadaan Nasdem di koalisi pemerintah hanya menunggu waktu. Bila sudah tidak ada kecocokan, sulit bagi partai untuk berlama-lama di dalam pemerintahan.

Dia juga mengkritik komentar Jokowi mengenai pelukan erat Surya Paloh dengan Presiden PKS Sohibul Iman saat bertemu di Kantor DPP PKS beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Rangkulan dan Silaturahmi Dicurigai, Surya Paloh Pertanyakan Model Bangsa!

"Yang begitu begitu tidak perlu dikomentari. Yang penting bagaimana partai di dalam koalisi tertib, disiplin dan mendukung koalisi dan kebijakan pemerintah, mengapa sampai soal merangkul oposisi, berpelukan Pak Surya dengan pimpinan partai oposisi menjadi problem dan menjadi perhatian presiden, ini sama saja menghabiskan energi politik," tutur Pangi.

Pangi menyadari tidak mudah memainkan peran kritis ketika berada dalam gerbong koalisi pemerintah. Terlebih, memainkan peran mengelola emosi publik, serta berselancar pada sentimen masyarakat.

Oleh karena itu, kata dia, tidak heran jika ada partai politik di internal koalisi yang seolah-olah seperti oposisi. Hal itu dikatakannya sebagai upaya partai mengelola emosi dan aspirasi publik.

"Sementara menteri dari kader (Nasdem-red) tersebut kena secara etika pemerintahan," ujarnya.

Baca Juga: Nasdem-Anies Makin Mesra, Gerindra Cemburu?

Seperti diketahui, sinyalemen keretakan hubungan Nasdem dengan PDIP sudah terlihat saat Megawati Soekarnoputri mengundang Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ke kediamannya.

Sebelumnya, sejumlah pimpinan partai politik (parpol) pendukung Jokowi, yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berkumpul di Kantor DPP Partai Nasdem.

Saat itu mereka mengaku tidak membahas tentang sikap PDIP yang memberikan sinyal merangkul Prabowo bersama Gerindra masuk koalisi. Namun dari beberapa pernyataan para elite politik Nasdem terungkap jelas penolakan mereka terhadap masuknya Gerindra dalam koalisi.

Sinyalemen konflik semakin kentara dalam acara pelantikan anggota DPR periode 2019-2024. Lewat rekaman video yang beredar, Megawati tidak menyalami Surya Paloh yang saat itu berdiri menyambutnya.

Penulis: Redaksi

Editor: Lestari Ningsih

Foto: Puspa Perwitasari

Sumber: wartaekonomi

Koalisi Pendukung Jokowi 'Korslet', Nasib Nasdem di Ujung Tanduk

Koalisi Pendukung Jokowi 'Korslet', Nasib Nasdem di Ujung Tanduk

Koalisi Pendukung Jokowi 'Korslet', Nasib Nasdem di Ujung Tanduk

Koalisi Pendukung Jokowi 'Korslet', Nasib Nasdem di Ujung Tanduk

Koalisi Pendukung Jokowi 'Korslet', Nasib Nasdem di Ujung Tanduk

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya