0
Thumbs Up
Thumbs Down

Konten Mulai Menghasilkan? Kenali Cara Kerja Iklan di Youtube

okezone
okezone - Tue, 07 Jul 2020 22:12
Dilihat: 75
Konten Mulai Menghasilkan? Kenali Cara Kerja Iklan di Youtube

JAKARTA - Youtube menjelaskan cara kerja iklan yang selama ini tayang di platform. Ditegaskan bahwa pendapatan para pembuat konten tidak hanya berasal dari seberapa banyak penonton terhadap video tersebut.

Product Specialist Youtube Sameera menjelaskan, para pengguna Youtube perlu mengetahui sebelumnya bahwa ada tiga faktor penting dalam sistem monetisasi pada Youtube, di antaranya penonton, kreator dan pengiklan. Keterkaitan ketiga ini terlihat saat kreator membangun minat audience, lalu pengiklan membeli iklan untuk menjangkau aundience dan audience yang akan menonton video yang relevan dengan iklan.

Setelah memutuskan untuk bergabung dengan Program Partner Youtube atau YPP, kreator dapat mengaktifkan fitur iklan yang terdapat dalam youtube untuk menghasilkan uang. Sebelumnya, pihak Youtube sendiri menyarankan untuk memilih format iklan yang akan ditampilkan pada tampilan konten sang kreator, dimaksudkan agar dapat memaksimalkan jenis iklan yang akan ditayangkan.

Baca Juga: Tak Pengaruh Covid-19, Kapitalisasi Pasar 4 Raksasa Digital Tembus USD1 Triliun

Tapi, perlu diingat agar video yang akan ditampilkan sudah sesuai dengan pedoman yang tepat. Demikian dilansir dari laman Youtube Creator Academy, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Pemilihan konten yang cocok untuk pengiklan biasanya sesuai dengan minat para audience yang ada dan tentunya tidak berisi dengan konten sensitif yang mengandung narkoba, seksual dan ujaran kebencian dan lain-lainnya.

Iklan yang dipilih tentunya akan ditayangkan pada semua video yang dianggap layak dan kreator akan mendapatkan penghasilan dari berbagai iklan yang akan ditayangkan.

Menjadi seorang kreator juga harus paham mengenai beberapa jenis iklan yang ada pada youtube, jenis pertama adalah display, iklan ini terletak pada sisi sebelah kanan video tepatnya di atas daftar saran video. Selanjutnya adalah jenis Overlay, iklan ini umumnya berbentuk semi transparan yang akan ditayangkan di bagian video, lalu jenis iklan lainnya adalah bumper, jenis iklan ini berupa video yang tidak dapat dilewatkan dan bersifat wajib untuk ditonton sebelum video ditayangkan, dengan jumlah durasi yang berbeda.

Baca Juga: Sri Mulyani Curhat Lagi Sibuk Ngurus Ekonomi Digital Dikagetkan Covid-19

Selain itu, kartu sponsor juga akan ditampilkan sebagai refrensi mengenai konten yang relevan dengan video yang ditayangkan dan yang terakhir adalah mid-roll yang akan ditayangkan pada konten yang berdurasi panjang.

Pemasukan iklan merupakan sumber penghasilan bagi kreator, pikirkan ide pembuatan video tersebut agar mendapatkan jumlah penoton dan pengiklan yang cocok. Jika video sudah diaktifkan untuk monetasi tetapi pengiklan tetap tidak ada, tidak perlu khawatir. Solusi bagi kreator adalah dapat menggunakan pemecahan masalah monetasi video atau mengunjungi Akademi Kreator untuk menemukan solusi dari permasalahan yang terjadi.

Sumber: okezone

Konten Mulai Menghasilkan? Kenali Cara Kerja Iklan di Youtube

Konten Mulai Menghasilkan? Kenali Cara Kerja Iklan di Youtube

Konten Mulai Menghasilkan? Kenali Cara Kerja Iklan di Youtube

Konten Mulai Menghasilkan? Kenali Cara Kerja Iklan di Youtube

Konten Mulai Menghasilkan? Kenali Cara Kerja Iklan di Youtube

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya