0
Thumbs Up
Thumbs Down

KPC Translokasi Orangutan ke Hutan Lindung Sungai Lesan Berau

Antvklik
Antvklik - Wed, 27 Oct 2021 15:42
Dilihat: 66

PT Kaltim Prima Coal ("KPC") unit usaha PT BUMI Resources Tbk. ("BUMI" atau "Perseroan") bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim, Centre for Orangutan Protection (COP), Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Berau Barat berhasil melakukan translokasi Orangutan dewasa ke Hutan Lindung Sungai Lesan (HLSL), Kabupaten Berau, Kamis (21/10/2021).

antvklik.com - Orangutan dewasa yang bernama Chiko berusia lebih dari 20 tahun ini awalnya direlokasi dari kawasan sekitar perkantoran Pit Hatari, KPC.

Untuk menghindari perubahan perilaku dari Chiko, Balai KSDA Kaltim memutuskan Chiko untuk ditranslokasikan ke Hutan Lindung yang jauh dari permukiman.

Chiko Dilepas di Hutan Lindung (Foto Humas KPC)

Proses persiapan dilakukan seminggu sebelumnya, melibatkan tim Environmental KPC dan Balai KSDA Kaltim, serta para dokter hewan dari KPC dan Balai KSDA.

Suasana saat Pelepasan Orangutan (Foto Humas KPC).jpeg

Hutan Lindung yang diajukan adalah Hutan Lindung Sungai Lesan, Kabupaten Berau. Hasil studi yang sudah dilakukan dari BKSDA Kaltim bersama KPH dan NGO sebelumnya menyimpulkan bahwa HLSL dengan luas area lebih dari 11 ribu hektar tersebut adalah hutan yang memiliki daya dukung baik bagi kehidupan satwa liar, termasuk Orangutan.

Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie menyampaikan, "BUMI bersama seluruh unit usaha termasuk KPC menaruh perhatian yang tinggi terhadap Orangutan bernama Chiko. Besar harapan di habitat yang baru, Chiko yang berjenis kelamin jantan ini bisa menemukan pasangan dan berkembangbiak, sehingga populasi Orangutan tetap lestari di Indonesia."

"Perseroan mengucapkan banyak terima kasih kepada BKSDA Kaltim, Centre for Orangutan Protection (COP), dan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Berau Barat atas keberhasilan melakukan translokasi Chiko di Hutan Lindung Sungai Lesan (HLSL). KPC memiliki komitmen yang tinggi dalam konservasi Orangutan di wilayah tambang, dimana Perseroan mendukung kegiatan Ecositrop dan STIPER Kutai Timur untuk memonitor Orangutan di wilayah tambang," tambahnya.


"Ini sejalan dengan komitmen BUMI untuk meningkatkan penerapan Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (Environmental, Social and Governance / ESG) sesuai praktek terbaik internasional dan mengkomunikasikannya secara strategis kepada publik dan para pemangku kepentingan," tandas Adika.

Sumber: Antvklik

KPC Translokasi Orangutan ke Hutan Lindung Sungai Lesan Berau

KPC Translokasi Orangutan ke Hutan Lindung Sungai Lesan Berau

KPC Translokasi Orangutan ke Hutan Lindung Sungai Lesan Berau

KPC Translokasi Orangutan ke Hutan Lindung Sungai Lesan Berau

KPC Translokasi Orangutan ke Hutan Lindung Sungai Lesan Berau

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya