0
Thumbs Up
Thumbs Down

KPU Hanya Perbarui Satu Aturan untuk Pilkada 2020

Republika Online
Republika Online - Thu, 20 Jun 2019 01:02
Dilihat: 33
KPU Hanya Perbarui Satu Aturan untuk Pilkada 2020

JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU), hanya akan memperbarui satu aturan teknis sebagai pedoman pelaksanaan Pilkada 2020. Aturan baru yang disusun yakni terkait tahapan, program dan jadwal Pilkada 2020.

Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari, mengungkapkan perubahan atau pembaharuan aturan teknis untuk pilkada tahun depan akan dilakukan jika dipandang perlu. Sebab, kata Hasyim, dasar hukum utama penyelenggaraan pilkada belum berubah.

"Dasar hukum pelaksanaan pilkada kan tetap, yakni UU Nomor 1 Tahun 2015, UU nomor 8 Tahun 2015 dan UU Nomor 10 Tahun 2016. Jika di dalam UU itu tidak ada perubahan, maka evaluasi terkait PKPU kemungkinan kecil (dilakukan), " ujar Hasyim di Jakarta, Rabu (19/6).

Dengan begitu, lanjut Hasyim, pihaknya masih akan mempertahankan sejumlah aturan teknis atau PKPU yang digunakan pada Pilkada 2018 untuk kembali digunakan dalam Pilkada 2020. Namun, KPU memastikan akan ada satu PKPU, yakni soal tahapan, program dan jadwal yang harus diperbaharui.

Artinya, kata Hasyim, akan ada PKPU baru terkait tahapan, program dan jadwal Pilkada 2020. "Kalau soal itu harus baru, sebab kan waktu pelaksanaan pilkadanya berbeda, maka tanggalnya juga beda," tegasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Republika, setidaknya ada lima PKPU yang digunakan dalam Pilkada 2018 lalu. Kelimanya yakni PKPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, PKPU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 dan PKPU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Dana Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018.

Terpisah, Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, mengatakan pihaknya saat ini sudah mulai menyusun draf PKPU untuk pilkada tahun depan. Draf PKPU yang akan diprioritaskan untuk diselesaikan adalah soal tahapan, program dan jadwal pilkada 2020.

"Saat ini drafnya sudah ada. Tinggal nanti kami akan melakukan finalisasi dan uji publik," ujar Wahyu saat dijumpai di sela-sela sidang sengketa hasil pilpres di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Rabu.

Wahyu menuturkan, pihaknya belum akan menggelar uji publik PKPU dalam waktu dekat. Sebab, saat ini KPU masih menyelesaikan proses sengketa hasil pilpres di MK.

Sehingga, pihaknya akan mencari jadwal untuk menggelar uji publik PKPU tersebut. Namun, saat disinggung apakah KPU terganggu dengan tugas yang berjalan bersamaan, Wahyu mengatakan tidak ada gangguan apapun.

"Tidak terganggu. Sebab kami sebenarnya sudah siapkan juga. Kami paham benar bahwa selain perhelatan pemilu 2019 , kita juga punya tanggungjawab untuk siapkan pilkada 2020. Jadi sebenarnya ini bisa berjalan bersama-sama, " tegasnya.

Sebagaimana diketahui, KPU akan menggelar pilkada 2020 pada September tahun depan. Berdasarkan data KPU, akan ada lebih dari 270 daerah yang akan mengikuti Pilkada 2020.



Berita Terkait
  • KPU Siap Hadirkan Saksi Tandingan di Sidang MK
  • Soal DPT, Bambang Wijajanto: Masalah yang Terus Berulang
  • Yusril: Jika Terjadi Kecurangan Buktikan dengan Jelas
Berita Lainnya
  • Restorasi Masjid Tua di Turki Berumur 7 Ratus Tahun Rampung
  • Hormati MU, Lukaku tak Memaksa Minta Dijual ke Inter

KPU Hanya Perbarui Satu Aturan untuk Pilkada 2020

KPU Hanya Perbarui Satu Aturan untuk Pilkada 2020

KPU Hanya Perbarui Satu Aturan untuk Pilkada 2020

KPU Hanya Perbarui Satu Aturan untuk Pilkada 2020

KPU Hanya Perbarui Satu Aturan untuk Pilkada 2020

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya