0
Thumbs Up
Thumbs Down

Langkah - langkah Asuransi Mobil Yang Perlu Dipahami

Mobilmo
Mobilmo - Fri, 20 Apr 2018 20:28
Dilihat: 834

Semakin berkembangnya jaman masyarakat Indonesia banyak yang telah memiliki Mobil pribadi. Penjualan kendaraan roda 4 dari tahun ke tahun juga mengalami peningkatan. Dengan banyaknya orang yang memiliki Mobil, maka saat di jalanan bayang-bayang kecelakaan juga ikut tinggi. Untuk itulah sangat penting untuk mendaftar asuransi Mobil.

Dengan melihat kondisi tersebut maka asuransi Mobil terbilang cukup penting. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kerugian yang dihasilkan jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Namun ternyata tidak semua orang mengetahui langkah untuk mengasuransikan kendaraan miliknya.

Asuransi Mobil meminimalisir kerugian saat terjadi kecelakaan

Sebelum melakukan asuransi sangat disarankan untuk mengetahui jenis asuransi terlebih dahulu. Pada umumnya terdapat 2 jenis asuransi yang nantinya ditawarkan kepada masyarakat meliputi Comperehensive dan Total Loss Only. Tentunya kedua jenis tersebut memiliki perbedaan yang perlu diketahui oleh masyarakat. Berikut ini penjelasan mengenai keduanya.

Comperehensive - Untuk asuransi jenis ini pihak perusahaan Memberikan perlindungan terhadap Mobil yang mengalami kerusakan kecil maupun kerugian total karena cakupan perlindungannya bisa dibilang lebih menyeluruh.

Total Loss Only - Sedangkan untuk jenis yang kedua pihak perusahaan menjamin kerusakan apabila biaya perbaikan yang terjadi diperkirakan sama atau lebih dari 75 % dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Setelah melihat dari kedua jenis asuransi tersebut, maka yang perlu diketahui selanjutnya adalah cara asuransi Mobil. bagi yang belum paham, berikut langkahnya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

  1. Meminta penawaran asuransi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah meminta penawaran asuransi. Tujuannya adalah untuk mengetahui premi asuransi yang diberikan oleh pihak perusahaan terhadap Mobil Anda. Setelah ada penawaran yang diberikan oleh pihak marketing, maka selanjutnya mintalah penjelasan secara detail mengenai kerugian apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi terhadap Mobil milik Anda. Setelah semuanya jelas dan paham betul selanjutnya adalah menyerahkan dokumen yang dibutuhkan.

Pahami dengan jelas penawaran yang diberikan oleh pihak Perusahaan asuransi
  1. Melengkapi dokumen

Pada umumnya pihak marketing akan memerlukan Anda untuk melakukan pengisian data diri dan juga dokumen yang diperlukan. Seperti misalnya pengisian formulir penutupan asuransi kendaraan bermotor (SPPAKB). Biasanya untuk pelanggan perorangan yang dibutuhkan adalah fotokopi KTP dan juga STNK. Namun apabila Mobil yang masih baru dan berada di showroom maka Anda harus melampirkan fotocopy BSTK atau biasa disebut dengan faktur kendaraan. Jangan lupa pula untuk membawa fotocopy KTP, SIM dan lainnya. Untuk dokumen yang diminta tergantung dari pihak asuransi apa yang dibutuhkan.

Siapkan dokumen yang diperlukan pihak Asuransi

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru

  1. Kendaraan akan disurvey

Setelah dokumen yang dibutuhkan telah lengkap, kemudian dari pihak perusahaan akan melakukan survey dan melakukan pengecekan pada Mobil yang Anda asuransikan. Nantinya hasil survey akan masuk dalam laporan dan kemudian Anda disuruh menandatanganinya. Dalam hal ini bisa dilewati apabila Mobil yang diasuransikan masih berada di dealer. Jika begitu maka Anda cukup memberikan BSTB atau Bukti serah terima. Untuk pertanggungan asuransi mulai berlaku pada tanggal survey atau tanggal yang telah tertulis pada BSTB.

Survey kendaraan akan dimasukkan pada data survey yang akan ditandatangani pemilik Mobil
  1. Pembuatan Polis

Proses survey telah selesai, kemudian pihak perusahaan akan memberikan cetakan polis asuransi yang nantinya akan dikirim menuju alamat yang Anda tulis pada dokumen atau alamat rumah Anda.

>>> Baca juga, Ketahui Tips Ringan Pada Mobil saat Hujan yang Perlu Diketahui

  1. Membayar premi

Untuk langkah terakhir dalam langkah asuransi Mobil adalah membayar premi. Pembayaran ini dapat dilakukan dengan cara transfer melalui account virtual yang terkait. Pada umumnya nomor virtual account akan dilampirkan bersama polis asuransi yang dapat dilihat pada nota debet.

Demikianlah informasi mengenai cara asuransi Mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.


Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

The post Langkah - langkah Asuransi Mobil Yang Perlu Dipahami appeared first on Mobilmo.Com.

Sumber: Mobilmo

Langkah - langkah Asuransi Mobil Yang Perlu Dipahami

Langkah - langkah Asuransi Mobil Yang Perlu Dipahami

Langkah - langkah Asuransi Mobil Yang Perlu Dipahami

Langkah - langkah Asuransi Mobil Yang Perlu Dipahami

Langkah - langkah Asuransi Mobil Yang Perlu Dipahami

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya