0
Thumbs Up
Thumbs Down

Lantai Rumah Warga Keluarkan Hawa Panas Pascagempa Ambon

Republika Online
Republika Online - Mon, 07 Oct 2019 17:16
Dilihat: 20
Lantai Rumah Warga Keluarkan Hawa Panas Pascagempa Ambon

AMBON -- Lantai rumah seorang warga di Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon dilaporkan mengeluarkan hawa panas yang tidak biasa. Hawa panas ini ke luar setelah gempa bumi magnitudo 6,5 mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya pada 26 September 2019.

Lantai rumah keluarga Hupatea yang berada di blok 2 Nomor 5 komplek perumahan BTN Wayame, Senin (7/10), dilaporkan mengeluarkan hawa panas yang tidak biasa sejak guncangan gempa tektonik 6,5 skala richter. Ny Christin Hutapea (53) saat ditemui di rumahnya, mengatakan lantai ruang keluarga mulai mengeluarkan hawa panas dengan suhu yang cukup tinggi sesaat setelah gempa terjadi, dan tak kunjung mereda hingga kini.

Semula ia dan keluarga menduga hawa panas tersebut disebabkan oleh adanya gangguan listrik. Tetapi setelah memadamkan aliran listrik di rumahnya, hawa panas masih tetap terasa.

"Mulai panas sejak gempa itu dan suhunya belum turun sampai sekarang. Tadinya kami kira itu ada hubungannya dengan aliran listrik, tapi lantainya masih tetap panas walau listrik sudah dipadamkan," katanya.

Kendati luasan hawa panas tidak mencapai keseluruhan lantai ruang keluarga, kejadian ini membuat keluarga Hutapea merasa panik dan waswas akan akan terjadi sesuatu pada bangunan rumah mereka. Peristiwa yang tidak biasa tersebut, kata Christin sudah dilaporkan ke Pusat Penelitian Laut Dalam (P2LD) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan mereka mengirimkan satu peneliti untuk mengambil data.

"Panasnya tidak di keseluruhan lantai ruang keluarga, tapi kami agak takut juga. Tadi sudah ada peneliti LIPI yang datang mengukur suhunya, katanya panas lantai mencapai 42 derajat celcius," ucap Christin.

Ahli geologi dari P2LD LIPI Fahreza Sasongko yang sementara meneliti mengenai dampak gempa tektonik magnitudo 6,5 di Ambon, saat dihubungi mengakui seorang peneliti sudah diturunkan ke rumah keluarga Hutapea untuk mengambil data awal. "Tadi, karena saya tidak sempat jadi ada teman yang sudah ke sana untuk mengambil data awal. Sore ini saya akan ke sana lagi untuk memeriksa lebih lanjut, hasilnya akan kami konfirmasi," kata Fahreza.


Selain rumah keluarga Hutapea, diketahui lantai ruangan kantor Satuan Kerja Wilayah Balai Jalan PPK V yang berada di blok 2 komplek perumahan BTN Wayame juga mengalami hal yang sama. hawa panas tersebut memiliki titik sebaran yang lebih banyak.

Berita Terkait
  • Indosat Ooredoo Kembali Salurkan Bantuan untuk Ambon
  • Dompet Dhuafa Buat Corner Gizi untuk Pengungsi Gempa Ambon
  • BMKG: Terjadi 1.163 Kali Gempa Susulan di Ambon
Berita Lainnya
  • Massa Mahasiswa Membeludak, Tutup Jalur Tol Depan Gedung DPR
  • Demo, Sejumlah Rute Bus Transjakarta Dialihkan

Lantai Rumah Warga Keluarkan Hawa Panas Pascagempa Ambon

Lantai Rumah Warga Keluarkan Hawa Panas Pascagempa Ambon

Lantai Rumah Warga Keluarkan Hawa Panas Pascagempa Ambon

Lantai Rumah Warga Keluarkan Hawa Panas Pascagempa Ambon

Lantai Rumah Warga Keluarkan Hawa Panas Pascagempa Ambon

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya