0
Thumbs Up
Thumbs Down

Libas Portugal, Korsel Siap Pulangkan Brasil

Nusabali
Nusabali - Sun, 04 Dec 2022 06:57
Dilihat: 78
Libas Portugal, Korsel Siap Pulangkan BrasilDOHA,
Korea Selatan kini menatap laga lawan Brasil pada fase gugur atau knock out babak 16 besar Piala Dunia 2022. Taeguk Warriors julukan Korea Selatan membuat kejutan lolos sebagai runner-up Grup H, usai mengalahkan Portugal 2-1, di Education City Stadium, Doha, Jumat (2/12) malam Wita.

Pada laga itu, Korsel tertinggal dulu usai Portugal mencetak gol lewat Ricardo Horta (5'), yang kemudian dibalas Kim Young-gwon (27') dan Hwang Hee-chan (90+1').

Ujian besar Korsel langsung menghadapi juara dunia lima kali, Brasil pada Selasa (6/12) dinihari, pukul 03.00 Wita, di Stadium 974. Hasil itu juga memulangkan Uruguay karena unggul produktivitas gol.

Meski mengetahui laga akan berjalan berat, tapi Son Heung-min berharap kejutan Korsel berlanjut dengan memulangkan Tim Samba julukan Timnas Brasil.

"Ini bagus, tapi perjalanan kami belum berakhir. Kami selalu berbicara tentang mencapai babak 16 besar sebagai tujuan kami, tapi sekarang kami harus mencoba untuk melampaui itu," kata Son, dilansir Kantor Berita Yonhap, Sabtu (3/12).

Son Heung-min dkk sendiri lolos ke babak 16 besar turnamen empat tahunan itu dengan cara yang sangat dramatis. Mereka hanya unggul produktivitas gol atas Uruguay, yang sama-sama mengemas empat poin, untuk mengamankan posisi kedua di klasemen Grup H.

Pasalnya, La Celeste julukan Uruguay hanya sanggup menang 2-0 atas Ghana pada laga terakhir. Padahal, jika dapat menorehkan satu gol lagi maka mereka akan menang selisih gol dari Korsel dan lolos ke fase berikutnya.

Kini, patut ditunggu apakah Taeguk Warriors bisa membuat kejutan lagi dengan mengalahkan Tim Samba di babak 16 besar. Mengingat banyaknya kejutan di Piala Dunia 2022 ini di mana tim underdog bisa menumbangkan tim raksasa, tampaknya bukan mustahil mereka bisa menghajar tim asuhan Tite itu.

Korea Selatan unggul produktivitas gol atas Uruguay (4:2), dengan keduanya sama-sama meraih empat poin dan punya selisih gol nol. Laga itu jadi pencapaian tersendiri bagi Korea Selatan setelah dua edisi sebelumnya selalu kandas di fase grup.

Mereka kini akan bertekad melampaui hasil Piala Dunia 2010, ketika harus puas terhenti di babak 16 besar. Tapi itu tak akan mudah karena Brasil akan menjadi tantangan berikutnya.

Pemain Tottenham Hotspur Inggris itu mengaku bangga dengan permainan Korea Selatan setelah taklukkan Portugal. Son Heung-min pun merasa bangga dengan penampilan timnya tersebut. Son yang mencetak assist gol kemenangan ini merasa senang dengan penampilan timnya terlepas dari hasil Uruguay yang menjadi pesaing terberat mereka.

Menariknya, laga Korea Selatan melawan Portugal lebih dulu selesai dibandingkan laga Uruguay melawan Ghana. Saat itu nasib Korea Selatan bergantung pada hasil yang didapatkan di laga Uruguay melawan Ghana.

Son yang menyelesaikan laga lebih dulu langsung menunggu hasil laga Uruguay yang tersisa enam menit lagi. Kala itu Uruguay unggul 2-0 atas Ghana di menit 90+2. Andai Uruguay menambah satu gol lagi, maka Korea Selatan dipastikan gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Keberhasilan Korsel itu menunjukkan tim-tim zona sepakbola Asia (AFC) mampu bertaring di Piala Dunia 2022. Menyusul keberhasilan Korea Selatan ke babak 16 besar, sejarah tercipta di Qatar. Korsel jadi negara konfederasi Asia ketiga yang lolos ke 16 besar, mengikuti Jepang dan Australia.

Langkah tiga negara konfederasi Asia masuk ke fase knockout itu jadi pengalaman pertama. Jepang lolos 16 besar sebagai juara Grup E dan menghadapi Kroasia. Samurai Biru menumbangkan dua raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol di fase grup.

Sedangkan Australia finis sebagai runner-up Grup D di bawah Prancis. The Socceroos mengalahkan Tunisia dan Denmark dalam perjalanan ke 16 besar. Meski secara geografis bukan di Asia, Australia telah bergabung AFC sejak 2006. Pada kualifikasi Piala Dunia 2022, Australia melewati jalan panjang sebelum ke Qatar, di antaranya menjalani kualifikasi sampai putaran keempat. *ant
Sumber: Nusabali

Libas Portugal, Korsel Siap Pulangkan Brasil

Libas Portugal, Korsel Siap Pulangkan Brasil

Libas Portugal, Korsel Siap Pulangkan Brasil

Libas Portugal, Korsel Siap Pulangkan Brasil

Libas Portugal, Korsel Siap Pulangkan Brasil

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya