0
Thumbs Up
Thumbs Down

Liga Islam Serukan Peningkatan Pendidikan Kesadaran

Republika Online
Republika Online - Thu, 17 Sep 2020 15:07
Dilihat: 44
Liga Islam Serukan Peningkatan Pendidikan Kesadaran

KAIRO -- Konferensi Liga Universitas Islam menyerukan peningkatan pendidikan kesadaran. Seruan itu disampaikan melalui konferensi virtual internasional dengan tema 'Peran Universitas dalam Melayani Masyarakat dan Nilai Konsolidasi', di Kairo, belum lama ini.

Dilansir di Riyadh Daily, Kamis (17/9), seruan tersebut sekaligus mengakhiri kegiatan liga di Kairo. Sebagaimana diketahui, konferensi ini diselenggarakan oleh Liga Universitas Islam dengan kerja sama Liga Dunia Muslim (MWL), Kementerian Al-Awqaf Mesir, Universitas Al-Azhar, Universitas Alexandria, dan Pangeran Khaled Al-Faisal untuk Moderasi di King Abdulaziz Universitas, dan dengan partisipasi sejumlah menteri, sarjana terkemuka, organisasi internasional dan lembaga pendidikan.

Konferensi tersebut merekomendasikan pengembangan strategi belajar-mengajar yang didasarkan pada pengembangan pemikiran kritis logis daripada berdasarkan indoktrinasi, dan mengadakan kursus pengembangan profesional untuk fakultas-fakultas muda dan para asistennya. Serta pengembangan loka karya pelatihan bagi mahasiswa untuk melatih pemikiran kritis yang meningkatkan kesadaran di semua universitas dan perguruan tinggi.

Konferensi menuntut kontribusi perguruan tinggi dalam menghadapi segala bentuk ekstremisme, menyebarkan perselisihan dan rumor, serta mengeluarkan piagam etika bagi perguruan tinggi Islam. Dalam konferesi itu juga, para anggota menyerukan untuk mendukung nilai-nilai tertinggi kemanusiaan dan menegaskan fakta yang mapan bahwa pengikut agama dan budaya berbagi nilai-nilai yang harus disorot dalam sistem nilai-nilai umum.

Konferensi tersebut juga merekomendasikan bahwa perguruan tinggi harus membuka pintunya tanpa batasan dalam dua arah. Pertama, menerima gagasan dari elit pemikir di masyarakat untuk studi serta analisis dan reformulasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing tahap. Kedua, adalah mempromosikan kebebasan yang sah dalam komunitas profesor universitas, dan untuk bekerja pada kualitas mendidik mahasiswa dari universitas yang berbeda tentang geografi dan sejarah negara-negara Arab dan Islam untuk meningkatkan identitas nasional dan kesetiaan serta kebanggaan mereka pada sistem negara Arab dan Islam mereka.

Mereka juga merekomendasikan untuk mengubah universitas menjadi pusat produksi nyata, dan mendorong investasi dalam nilai-nilai kemanusiaan. Konferensi dibuka dengan pidato Sekretaris Jenderal Liga Dunia Muslim (MWL) dan Presiden Liga Universitas Islam Sheikh Muhammad bin Abdul Karim Al-Issa, di mana dia merujuk pada perbedaan ini konferensi dengan peserta dan tema membahas beberapa sumbu yang dianggap di antara tugas utama yang dipercayakan kepada Liga Universitas Islam.

Dia menegaskan bahwa tanggung jawab Liga terhadap urusan sosial sangat besar. "Kami tidak akan menemukan wacana analitik yang lebih berwawasan dari pada upaya elit ilmiah dan akademis yang berpartisipasi dengan kami dalam konferensi ini, sambil memberikan pengetahuan yang solid, pikiran dan pengalaman," Sheikh Al-Issa.

Sheikh Al-Issa melanjutkan, para reformis sering mengangkat slogan dan seruan untuk mengatasi masalah masyarakat, terutama menangani lembaga akademis. Universitas di dunia Islam pun, kata dia, telah menunjukkan kredibilitas dan tekad mereka ketika mereka mendirikan liga yang diberkati yang menggabungkan pekerjaan yang konsisten dalam kesatuan visi, misi, dan tujuannya untuk kebaikan mereka sendiri dan kebaikan masyarakat dan dunia mereka.

Kesadaran yang dipertajam dari Liga telah, menurutnya, secara efektif memberikan kontribusi untuk menemukan solusi untuk sejumlah masalah. Dia menambahkan, tema konferensi ini adalah jenis yang telah menghadapi banyak sekali tantangan, dan bahkan banyak transformasi. Masyarakat dinilai harus ditugaskan ke liga ini berkat ukuran, kapasitas, kompetensi tinggi, dan rasa tanggung jawabnya.

"Masyarakat Islam kita sangat membutuhkan untuk memperkuat sistem nilai mereka untuk mempertahankan identitas kesatuan. Bangsa kita memiliki misi, nilai dan tujuan yang bersatu, tidak peduli betapa beragamnya ras, warna kulit, dan bahasa," ujarnya.

Dia melanjutkan, Islam tidak memandang perbedaan dari berapa banyak negara bangsa, karena hati nurani umat Muslim adalah satu. Kemajemukan dan keragaman meningkatkan kekuatan dan antusiasme untuk memperkuat kohesinya dan untuk menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa ia adalah satu tubuh, dan bahwa organ-organnya, kata Sheikh Al-Issa, tidak peduli betapa berbedanya dan beragamnya, adalah satu tubuh di saat-saat baik dan buruk.

"Kami semua berharap pernyataan akhir konferensi ini akan memenuhi aspirasi semua orang terhadapnya, dengan survei ilmiah dan studi eksplorasi di tangannya, yang terus meningkat dan dihiasi dengan dialog sukses mereka yang ditingkatkan," ujarnya.

Dia menambahkan, liga juga sangat senang untuk meluncurkan identitas visual Liga Universitas Islam melalui logo barunya, yang membawa beberapa konotasi yang menonjolkan keaslian Liga karena warisan kuno, dan sejalan dengan segala sesuatu yang baru.

Menurutnya, Liga Universitas Islam bekerja dengan pertolongan Allah SWT untuk memperluas misi dan kegiatannya di seluruh dunia. Yakni dengan mengandalkan keaslian identitas dan integritas kurikulumnya, serta kompetensi kerjanya dalam entitas regulernya, atau dalam sistem universitas yang termasuk dalam keanggotaannya.

Dia menyatakan senang dengan keinginan universitas bergengsi untuk bergabung dengan Liga, serta keinginan universitas lain yang bersahabat untuk mendapatkan kapasitas anggota pendukung.

"Aspirasi kami juga meluas ke kompetensi mahasiswa muda universitas Islam kami, yang akan mengambil bagian dalam kegiatan Liga global di masa depan, dan Liga akan merangkul mereka, dan juga akan menjadi dasar untuk meluncurkan energi dan kontribusi mereka di seluruh dunia. Mensponsori bakat dan kreativitas mereka secara material dan moral," ujarnya.

Dia berjanji bahwa Liga akan memperdalam ikatannya dengan semua universitas anggota untuk mencapai lebih banyak konotasi atas nama dan kapasitasnya, dalam hal visi, misi, dan tujuan yang serius.

Sementara itu, Menteri Awqaf Mesir dan Ketua Dewan Tertinggi Urusan Islam, Muhammad Mukhtar Gomaa, berterima kasih kepada Liga Universitas Islam yang telah memilih topik penting ini. Dia menekankan bahwa pengakuan atas krisis adalah cara pertama untuk menyelesaikannya.

Ia menekankan bahwa bangsa-bangsa yang tidak didasarkan pada akhlak dan nilai-nilai luhur membawa faktor-faktor kejatuhan mereka dalam struktur dan dasar pendiriannya, dan semua orang dengan naluri normalnya tidak lain adalah menghormati pemilik budi pekerti yang baik, baik seseorang atau bangsa.

Ia menekankan bahwa universitas dapat memberikan kontribusi yang besar untuk memperbaiki perilaku dan memulihkan nilai-nilai luhur dan akhlak manusia. Baik melalui kurikulum, penelitian yang mereka hasilkan atau profesor yang menjadi panutan. Dalam konteks yang sama, dia menyerukan untuk menetapkan kode etik yang benar dan serius untuk setiap mahasiswa, dan memang untuk setiap mahasiswa di setiap tahap.


"Saat kita mengukur tingkat keilmuan siswa, kita harus mengukur perilaku dan ketajaman mereka untuk menjaga nilai dan moral yang luhur," pungkasnya.

Berita Terkait
  • Ideologi Kebencian dan Rasisme Harus Dihadapi
  • Keanggotaan HNW di Majelis Liga Islam Dunia Diperpanjang
Berita Lainnya
  • 11 Pegawai Positif Covid, Gedung Blok G Balai Kota Ditutup
  • Penyaluran Bansos di Tasikmalaya Diawasi Saber Pungli

Liga Islam Serukan Peningkatan Pendidikan Kesadaran

Liga Islam Serukan Peningkatan Pendidikan Kesadaran

Liga Islam Serukan Peningkatan Pendidikan Kesadaran

Liga Islam Serukan Peningkatan Pendidikan Kesadaran

Liga Islam Serukan Peningkatan Pendidikan Kesadaran

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya