0
Thumbs Up
Thumbs Down

Lima Aplikasi Ini Bisa Bantu Kita Lebih Produktif

Republika Online
Republika Online - Wed, 12 Feb 2020 05:43
Dilihat: 32
Lima Aplikasi Ini Bisa Bantu Kita Lebih Produktif

JAKARTA -- Teknologi tak ubahnya dua sisi mata pisau. Satu sisi bisa mempermudah segala macam pekerjaan, namun di sisi lain teknologi bisa membuat hidup tidak produktif karena terlalu sering stalking atau hal lain yang tak bermanfaat.

Untungnya sebagian besar ponsel pintar dan komputer yang ada memiliki pengaturan bawaan atau aplikasi tambahan yang dapat membantu Anda tetap produktif. Berikut lima aplikasi atau pengaturan tersebut seperti dilansir Fast Company, Rabu (12/2).

Gunakan Time Tracking App
Ada sejumlah aplikasi pelacakan waktu (time tracking app) yang bisa memberi tahu berapa jam Anda menghabiskan waktu untuk menjelajah web dan menggunakan berbagai aplikasi. Aplikasi ini berjalan di latar belakang dan secara otomatis mencatat waktu penggunaan.

Salah satu aplikasi yang direkomendasikan yakni ManicTime, yang tidak hanya melacak berapa banyak waktu yang Anda habiskan di setiap aplikasi, tetapi di setiap dokumen yang dibuka. Ini berarti Anda dapat melihat apakah waktu membuka dokumen lebih lama atau tidak, dibanding waktu menjelajah web.

Gunakan Parental Control
Jika Anda merasa menghabiskan banyak waktu di media sosial, untuk membatasinya Anda dapat memblokirnya. Meskipun sistem operasi utama (macOS, Windows, dan iOS) tidak menawarkan fungsi pemblokiran aplikasi atau situs web semata, semuanya melakukan kontrol parental yang dapat diaktifkan.

Jika Anda menggunakan iOS, buka Pengaturan> Umum> Pembatasan untuk mengaktifkan kontrol orang tua dan mengatur situs web yang diblokir. Pengguna macOs, bisa mencari System Preferences> Parental Controls. Sementara pengguna Android dapat mengunduh aplikasi TrendMicro Mobile Security & Antivirus, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memblokir akses ke situs web tertentu.

Aktifkan mode "jangan ganggu"
Solusi ini bisa menjadi efektif bagi Anda yang sering terganggu oleh kiriman pesan teks, atau notifikasi dari aplikasi media sosial. Sebagai solusi, Anda perlu mengaktifkan mode jangan ganggu.


Memiliki Asisten digital
Terkadang asisten digital bisa membantu kita menjadi lebih produktif. Iphone memiliki Siri, asisten pribadi yang membantu menyelesaikan segala sesuatu dengan cukup meminta.
Sebagai contoh, kita bisa meminta bantuan Siri seperti berikut; "Hei Siri, dalam tiga jam tolong cek apakah saya telah menyelesaikan artikel." Ini secara otomatis membuat pengingat.

Gunakan aplikasi Time Out
Ini merupakan pengaturan waktu aplikasi habis. Bagi mereka yang menggunakan Mac, Time Out - Break Reminders adalah aplikasi luar biasa yang memungkinkan Anda menjadwalkan waktu istirahat 5 hingga 10 menit setiap jam. Pengguna PC dan Linux bisa mendapatkan kemampuan yang sama dari Workrave freeware yang luar biasa.

Berita Terkait
    Berita Lainnya
    • Thailand Temukan Enam Kasus Baru Virus Corona
    • Arena Bermain di IBF 2020 Bisa Tampung 400 Anak

    Lima Aplikasi Ini Bisa Bantu Kita Lebih Produktif

    Lima Aplikasi Ini Bisa Bantu Kita Lebih Produktif

    Lima Aplikasi Ini Bisa Bantu Kita Lebih Produktif

    Lima Aplikasi Ini Bisa Bantu Kita Lebih Produktif

    Lima Aplikasi Ini Bisa Bantu Kita Lebih Produktif

      
    PARTNER KAMI
    JPNN
    Republika Online
    LIPUTAN6
    okezone
    BBC
    bintang
    bola
    Antvklik
    rumah123
    Rumah
    Love Indonesia
    CENTROONE
    wartaekonomi
    Voice of America
    Popular
    Gocekan
    Teqnoforia
    Angelsontrip
    Makanyuks
    telsetNews
    BisnisWisata
    Jakarta Kita
    Indonesia Raya News
    RajaMobil
    Mobil123
    Otospirit
    MakeMac
    Indotelko
    Inditourist
    TEKNOSAINS
    MotorExpertz
    Mobil WOW
    Oto
    Kpop Chart
    salamkorea
    slidegossip
    Hotabis
    INFOJAMBI
    Japanese STATION
    SeleBuzz
    Cintamobil
    Football5star
    Citra Indonesia
    OTORAI
    Sehatly
    Hetanews
    Inikata
    Nusabali
    Garduoto
    Beritakalimantan
    batampos
    covesia
    carmudi
    idnation
    inipasti
    teknorush
    winnetnews
    mediaapakabar
    carvaganza
    mediakepri
    kabarsurabaya