0
Thumbs Up
Thumbs Down

Louis Van Gaal dan Jejak Pelatih yang Comeback ke Timnas Belanda

Football5star
Football5star - Wed, 04 Aug 2021 22:57
Dilihat: 212

Football5star.com, Indonesia - Apa yang diprediksi banyak pihak benar-benar kesampaian. Louis van Gaal kembali menduduki kursi pelatih timnas Belanda.

Belanda butuh pelatih berpengalaman usai memecat Frank de Boer yang gagal di Euro 2020. Piala Dunia 2022 yang tinggal setahun lagi membuat KNVB ingin Memphis Depay dkk diasuh sosok yang tahu betul keadaan tim.

Nama Louis van Gaal dipercaya sebagai unggulan. Dan benar saja, ia rela turun gunung usai menyatakan pensiun beberapa tahun lalu demi memastikan negaranya ikut serta ke Piala Dunia 2022.

Lots of memories & more to come! #VanGaal2022 pic.twitter.com/hbGrG3viBJ

- OnsOranje (@OnsOranje) August 4, 2021

Pelatih kawakan ini jelas bukan nama asing. Ini jadi penunjukan ketiga kalinya. Ya, sebelumnya ia menukangi De Oranje pada 2000-2001, 2012-2014, dan sekarang.

Di Belanda, memang bukan cerita baru seorang pelatih comeback lagi ke tim nasional. Sudah banyak sosok yang dipercaya KNVB untuk melatih lebih dari sekali.

Football5star telah merangkum lima dia antaranya:

  • Rinus Michels
@AllThingsSelecao

Rinus Michels adalah legenda. Ia disebut-sebut sebagai orang pertama yang meletakkan dasar Total Football di timnas Belanda. Dia pula pelatih pertama dan satu-satunya yang membawa De Oranje juara.

Rinus Michels juga jadi pelatih pertama yang menukangi timnas pada tiga era berbeda. Tugas pertamanya berlangsung singkat pada 1974 silam. Kesempatan kedua bahkan lebih singkat lagi karena jabatannya diemban selama 39 hari.

Baru pada era ketiga (1986-1988) Michels sukses besar. Di sini lah Belanda juara Piala Eropa lewat gol Marco van Basten yang melegenda.

  • Leo Beenhakker
@MotherSoccer

Tekanan melatih Belanda memang berat. Buktinya bukan hanya Rinus Michels yang jabatannya dalam hitungan hari. Leo Beenhakker juga bernasib sama.

Pada era pertamanya 1985 silam, ia hanya memimpin De Oranje dalam enam pertandingan. Tapi catatannya cukup bagus kala itu dengan hanya menelan satu kekalahan.

Memasuki era keduanya lima tahun kemudian, masa jabatan Beenhakker lebih mengejutkan lagi. Pelatih yang telah bekerja di semua benua itu mengemban tanggung jawab dalam waktu 25 hari saja.

  • Dick Advocaat

Sebagaimana Rinus Michels dan Louis van Gaal, Dick Advocaat juga tiga kali menjabat nakhoda Belanda. Berbeda dengan tiga nama di atas, masa bakti pelatih kelahiran Den Haag terbilang panjang.

Dia setidaknya selalu memimpin negaranya selama dua tahun. Bisa dikatakan Advocaat sebagai juru selamat Belanda. Ia selalu datang saat tim dalam situasi genting. Era pertama dan kedua jadi buktinya.

Ia sukses membawa Belanda menembus Piala Dunia 1994 dan Euro 2004. Peruntungan Dick Advocaat mulai pudar pada era ketiga kala dirinya gagal menyelamatkan timnya dari keterpurukan hingga gagal ke putaran final Piala Dunia 2018.

  • Guus Hiddink
vi.nl

Guus Hiddink salah satu pelatih sukses dunia. Namanya tidak hanya berkibar di Eropa. Tapi juga di Asia setelah membawa Korea Selatan dan Australia tampil mengejutkan di Piala Dunia.

Sebagai orang Belanda, tim nasional pertama yang ditukangi tentu saja timnasnya sendiri. Era pertamanya 1995 sampai 1998 ia sukses membawa Frank de Boer dkk sampai perempat final Piala Dunia Prancis.

Berselang 16 tahun setelahnya, KNVB memintanya kembali untuk menjadi suksesor Louis van Gaal yang memilih Manchester United usai Piala Dunia 2014. Sayang, tuahnya sudah tak berbekas di kesempatan kedua. Dia hanya menang tiga kali dari 10 laga.

  • Bob Glendenning
alchetron

Sebagai negara sepak bola, Belanda selalu mempercayakan pelatih lokal untuk timnasnya. Selama 43 tahun mereka selalu dibesut pelatih asli negaranya.

Kendati begitu, bukan berarti tidak ada legiun asing di balik kemudi. Mereka bahkan cukup akrab dengan pelatih-pelatih asal Inggris. Tercatat ada sembilan nakhoda asal Inggris yang pernah dipercaya KNVB.


Salah satunya adalah Bob Glendenning. Ia bahkan dua kali dipercaya sebagai pelatih, yakni pada 1923-11924 dan 1925-1940. Sampai sekarang Bob Glendenning masih jadi pelatih Belanda dengan masa bakti paling lama, yakni selama 5516 hari.

Sumber: Football5star

Louis Van Gaal dan Jejak Pelatih yang Comeback ke Timnas Belanda

Louis Van Gaal dan Jejak Pelatih yang Comeback ke Timnas Belanda

Louis Van Gaal dan Jejak Pelatih yang Comeback ke Timnas Belanda

Louis Van Gaal dan Jejak Pelatih yang Comeback ke Timnas Belanda

Louis Van Gaal dan Jejak Pelatih yang Comeback ke Timnas Belanda

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya