0
Thumbs Up
Thumbs Down

Lukman Sardi Ungkap Perjalanan Spiritualnya Hingga Memutuskan Pindah Agama

Antvklik
Antvklik - Fri, 30 Jul 2021 19:43
Dilihat: 36
Lukman Sardi Ungkap Perjalanan Spiritualnya Hingga Memutuskan Pindah Agama

Aktor Lukman Sardi akhirnya buka-bukaan mengenai agama yang dianutnya. Ia mengaku pindah agama dari Islam menjadi Kristen usai mengalami perjalanan spiritual panjang dalam hidupnya.

antvklik.com - Sebelumnya, banyak yang mengira jika Lukman Sardi pindah agama karena sang istri, Pricillia Pullunggono. Namun, lewat kanal YouTube Daniel Mananta Lukman menegaskan keputusan tersebut bukanlah karena sang istri.

Bintang film Sang Pencerah itu mengatakan tidak mempermasalahkan jika menikah beda agama dengan Pricillia Pullunggono. Dia juga menjelaskan kalau anggota keluarganya pun ada yang berbeda agama.

"Nggak pikiran kenapa beda ya beda (agama) nikah ya nikah aja. Sebenarnya keluarga gue ya beda-beda, adik gue sendiri sudah memutuskan jadi Katolik. Ini hal yang sering gue lihat ada di sekitar gue," kata aktor sekaligus sutradara film itu.

YouTube/Daniel Mananta Network

Lukman Sardi mengatakan sosok kakeknya yang menjadi orang paling berpengaruh urusan agama. Menurut sang kakek, Lukman sangat memperhatikan seseorang dari sebuah kasih.

"Sebenarnya opa gue yang paling nge-influence, gue ngerasa dia tuh orang yang jujur based on kasih, yang jadi uniknya waktu itu ada ulang tahun opa oma gue. Opa bikin tulisan perjalanan cinta mereka, khusus buat cucu opa gue bikin tulisan," kenang Lukman.

"Pas di gue, dia tulis talk about kasih. Esensi paling besar kamu harus mengasihi semua orang, itu kenapa gue merasa impact-nya gede buat gue," imbuhnya.

Sempat Pergi Umrah

Lukman Sardi berangkat umrah bersama Deddy Mizwar. Saat itu film Nagabonar mendulang kesuksesan sehingga dihadiahi umrah untuk Lukman Sardi

"Gue ikut film Nagabonar terus sukses, saat itu Deddy Mizwar ngasih umrah terus gue bingung kenapa gue dikasih ini ya pas gue lagi bingung. Akhirnya gue bilang gue berangkat deh umrah. Gue jalanin umrah itu benar-benar," tuturnya.

View this post on Instagram

A post shared by Lukman Sardi (@lukmansrd)

"Di situ gue ngerasa pas umrah, gue ngerasa marah banget. Gue nggak nyampai-nyampai, gue emosi. Tiba-tiba gue diingatkan tulisan opa gue itu tentang kasih, gue mikir apa ini yang gue jalanin. Gue ngejalanin itu ada orang jalan kayak gue kasih jalan, abis itu gue nangis sejadi-jadinya," ungkapnya lagi.

Lukman Sardi semakin yakin dengan perkataan sang kakek. Sepulangnya dari umrah, Lukman mantap memutuskan pindah agama.


"Impact terbesar ya dari opa gue itu, itu sesuatu luar biasa banget. Tuhan membawa gue ke titik gue menemukan yang paling benar. Gue pulang, gue udah bulat ini yang aku jalanin, gue mikir lagi proses lagi, akhirnya memutuskan untuk pindah agama," tutur Lukman Sardi.

Sumber: Antvklik

Lukman Sardi Ungkap Perjalanan Spiritualnya Hingga Memutuskan Pindah Agama

Lukman Sardi Ungkap Perjalanan Spiritualnya Hingga Memutuskan Pindah Agama

Lukman Sardi Ungkap Perjalanan Spiritualnya Hingga Memutuskan Pindah Agama

Lukman Sardi Ungkap Perjalanan Spiritualnya Hingga Memutuskan Pindah Agama

Lukman Sardi Ungkap Perjalanan Spiritualnya Hingga Memutuskan Pindah Agama

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya