0
Thumbs Up
Thumbs Down

Lulus Teknik Informatika Tapi Susah Dapat Kerja? Mungkin Ini Penyebabnya

TEKNOSAINS
TEKNOSAINS - Thu, 22 Mar 2018 15:00
Dilihat: 533

Lulusan Teknik Informatika di Indonesia sangat banyak tiap tahunnya. Hampir setiap perguruan tinggi sekarang ada jurusan Informatikanya jadi bisa kebayang secara total seluruh Indonesia berapa banyak lulusan Informatika.

Dengan jumlah lulusan yang bejibun tiap tahunnya, belum tentu semuanya langsung dapat kerja atau mudah dapat kerja. Banyak faktor yang bisa jadi penyebab seorang lulusan Informatika kesulitan dapat kerja dibidangnya.

Dan seringkali faktor-faktor itu ternya bersumber dari diri sendiri. Saya sendiri adalah seorang Lulusan Teknik Informatika tapi Alhamdulillah gak lama dari itu dapat kerjaan setelah lulus sidang Skripsi. Dulu semester 1-6 tidak punya skill sama sekali, Programming tidak bisa, Database pas-pasan, Jaringan apa lagi.

Baca juga: Tips Mudah Diterima Kerja untuk Lulusan Teknik Informatika

Untungnya saat masuk Skripsi mau-mau gak mau mesti buat Program, harus bisa koding. Akhirnya selama skripsi mulai seriusin belajar Coding meski masih comot sana comot sini sampai Skripsinya jadi dan lulus. Beberapa bulan setelah beres sidang, saya coba cari-cari kerjaan Freelance biar makin ngasah skill sambil coba melamar-lamar di perusahaan. Syukurnya langsung diterima di perusahaan pertama.

Sekarang ini saya diberi kesempatan untuk meng-Interview orang-orang lulusan