0
Thumbs Up
Thumbs Down

Malapetaka dari Tes Acak Ribuan Pemudik yang Positif Covid

Republika Online
Republika Online - Tue, 11 May 2021 16:32
Dilihat: 218
Malapetaka dari Tes Acak Ribuan Pemudik yang Positif Covid

oleh Rr Laeny Sulistyawati, Nawir Arsyad Akbar, Sapto Andika Candra, Antara

Tes acak kepada pemudik dengan hasil empat ribu orang positif Covid-19, dinilai sebagai kenyataan bahwa kasus Covid-19 di Indonesia belum sirna. Dalam Operasi Ketupat, ditemukan 4.123 pemudik yang positif Covid-19 dari 6.742 pemudik yang dites secara acak.

Pakar epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Laura Navika Yamani, menilai temuan tersebut menunjukkan kasus Covid-19 cukup banyak di Tanah Air. "Tentunya ini masih data awal dan sudah menunjukkan kasus yang cukup banyak," ujarnya saat dihubungi Republika, Selasa (11/5).

Kendati demikian, ia menegaskan banyaknya kasus Covid-19 belum bisa dikatakan klaster mudik. Sebab, ia menambahkan, masing-masing individu yang mudik ini dicek secara acak.
Padahal, Laura menambahkan, saat ini masih kondisi akan pulang kampung. "Ini bisa berisiko menyebabkan penyebaran kasus (Covid-19)," ujarnya.

Oleh karena itu, Laura berharap masyarakat tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebab, tidak ada yang tahu kondisi sendiri atau masyarakat terinfeksi Covid-19 atau tidak. Jadi, Laura meminta masyarakat menjalani mudik dan silaturahmi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan agar menjadi aman.

"Kemudian, pemerintah tetap menyiapkan fasilitas pemeriksaan dan fasilitas kesehatan agar lebih siap dengan kemungkinan penambahan kasus yang akan terjadi," ujarnya.

Laura menambahkan, peningkatan kasus usai mudik dan Lebaran bisa dilihat H+14 setelah Idul Fitri. Jadi, potensi peningkatan kasus dalam beberapa pekan ke depan yang harus dipersiapkan. Karena jika penanganannya tidak siap, dia melanjutkan, akan berisiko tingkat kematian yang meningkat juga. "Kita tidak berharap demikian," katanya.

Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar, mengaku prihatin dengan hasil yang menunjukkan 4.123 orang pemudik dinyatakan positif Covid-19. Berkaca dari hasil tersebut, ia meminta masyarakat untuk tidak memaksakan diri untuk mudik dan lebih memilih merayakan Idul Fitri di rumah.

"Tolong jangan memaksakan diri, lihatlah kejadian di India, jangan sampai apa yang terjadi di India juga terjadi di Indonesia. Patuhi imbauan pemerintah untuk tidak mudik," ujar pria yang akrab disapa Gus Ami itu, Selasa (11/5).

Ia meminta aparat di lapangan untuk meningkatkan pengawasan. Sebab di sejumlah titik arus mudik, terlihat tumpukan pemudik yang masih mencoba menerobos penjagaan kepolisian.

"Petugas di lapangan harus tegas, jangan melunak. Bila perlu ditambah petugas di lapangan. Sebab kalau masih banyak yang dibiarkan lolos maka nantinya yang lain pun akan ikut menerobos," ujar Gus Ami.

Sebelumnya, tes acak dilakukan dengan antigen atau PCR kepada 6.742 pemudik yang dilakukan tes di 381 lokasi oleh Polri melalui Operasi Ketupat, didapat 4.123 orang di antaranya positif Covid-19. Angka ini mewakili lebih dari separuh pemudik yang dilakukan random testing.

"Konfirmasi positifnya 4.123 orang. Dan, dilakukan isolasi mandiri 1.686 orang dan dirawat 75 orang," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Senin (10/5).

Selain melakukan random testing terhadap pemudik, aparat kepolisian juga melakukan pemeriksaan terhadap 113.694 kendaraan di titik-titik penyekatan. Dari angka tersebut, 41.097 di antaranya diminta memutar balik kembali ke asal perjalanan. Polri juga menemukan pelanggaran oleh 346 travel gelap.


Berita Terkait
  • Pemerintah Minta TNI-Polri Konsisten Tegakkan Larangan Mudik
  • Kemenhub Lakukan Pengetatan Perjalanan Mudik, Ini Langkahnya
  • Karantina Khusus Bagi Pemudik di Purwokerto
Berita Lainnya
  • Malapetaka dari Tes Acak Ribuan Pemudik yang Positif Covid
  • NGO: 781 Orang Tewas Sejak Kudeta Militer di Myanmar

Malapetaka dari Tes Acak Ribuan Pemudik yang Positif Covid

Malapetaka dari Tes Acak Ribuan Pemudik yang Positif Covid

Malapetaka dari Tes Acak Ribuan Pemudik yang Positif Covid

Malapetaka dari Tes Acak Ribuan Pemudik yang Positif Covid

Malapetaka dari Tes Acak Ribuan Pemudik yang Positif Covid

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya