0
Thumbs Up
Thumbs Down

Manfaatkan Potensi Laut, HCML Garap Proyek Ini

wartaekonomi
wartaekonomi - Tue, 20 Oct 2020 18:29
Dilihat: 31
Surabaya

Husky CNOOC Madura Limited (HCML) terus mengembangkan Program pemberdayaan masyarakat. Salah satunya yakni, penguatan di bidang usaha kuliner dan kepariwisataan dengan memanfaatkan potensi laut di Desa Semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Jatim.

Menurut Manajer Cafe Laut Semare, Ahmad Nauval, pengembangan program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan HCML cukup bermanfaat bagi pelaku usaha kuliner dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.Baca Juga: Ditanya Soal Kontribusi pada Warga, Ini Jawaban HCML

"Pengunjungnya rata-rata seribu orang per hari sebelum pandemi. Namun sekarang berkisar 300 orang. Kami terus malkukan bermusyawarah menyepakati bagaimana cara kita bertahan bisnis kuliner saat pandemi saat ini," ujar Nauval sapaannya. Baca Juga: HCML Terus Gandeng Vendor Lewat Digital

Menyikapai hal itu, Manager Regional Office HCML Hamim Tohari pihaknya membantu penyediaan pelatihan bagi kelompok sadar wisata (pokdarwis). Selain itu, HCML juga memfasilitasi peningkatan kapasitas manajerial di tim manajemen CLS. Peningkatan kapasitas ini sangat penting, mengingat Caf Laut Semare diharapkan bisa menjadi lumbung peningkatan perekonomian masyarakat Desa Semare. Kafe ini didirikan dengan payung hukum Peraturan Desa Semare Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Wisata Desa.

Dikatakan Hamim, bertujuan tiga hal dalam pengembangan bisnis kuliner di mengingat Caf Laut Semare yakni, Pertama, meningkatkan perekonomian desa. Kedua, mengurangi angka pengangguran, dan terakhir, memanfaatkan potensi laut Desa Semare.

"Ada enam lapak yang berjualan di kafe ini. Lima lapak masing-masing adalah perwakilan dari lima dusun. Sementara satu lapak dibangun pemerintah desa dan khusus menjual minuman," kata Hamim di Surabaya, Selasa (20/10/2020).

Hamim menyebutkan, Sebelum ada kafe, di sana hanya ada jembatan kayu ulin yang dibangun PT HCML sepanjang 100 meter dan lebar 1,5 meter untuk tempat bersandar perahu nelayan. Untuk itu, kata Hamim, pihaknya siap membantu warga untuk mengembangkan usaha ini ke depan, terutama pada masa pandemi.

Sementara itu, Direktur Utama Bumdes Muhammad Samian mengatakan, pihak mengucapkan terima kasih pada HMCL yang sudah membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Semare lewat program pemberdayaan masyarakat. Salah satu yang dilakukan oleh HMCL yakni pengembangan infrastruktur yang berada dikawasan tepi laut.

"HCML sangat berperan. Saya ingat pesan Pak Aliyudin, Humas HCML ketika Cafe Laut berdiri atau maju, yang menikmati anak cucumu. Selain almarhum Pak Kades Yazid, Pak Aliyudin adalah motivator kami," ujar Samian.

Walaupun demikian Samian mengungkapkan, pihaknya (Bummdes) terus melakukan penataaan menejemen yang baik dan berkoordinasi dengan Bupati terkait kebutuhan payung hukum untuk pengembangan daerah tersebut.

"Manajemen dulu diperbaiki. Kalau manajemen bagus, kami percaya bisa mengembangkan usaha ini," pungkasnya.

Penulis: Mochamad Ali Topan

Editor: Vicky Fadil


Foto: Dok. HCML

Sumber: wartaekonomi

Manfaatkan Potensi Laut, HCML Garap Proyek Ini

Manfaatkan Potensi Laut, HCML Garap Proyek Ini

Manfaatkan Potensi Laut, HCML Garap Proyek Ini

Manfaatkan Potensi Laut, HCML Garap Proyek Ini

Manfaatkan Potensi Laut, HCML Garap Proyek Ini

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya