0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mantap Jiwa! Ekspor Holtikultura Indonesia Tembus Pasar China!

wartaekonomi
wartaekonomi - Sat, 07 Sep 2019 16:40
Dilihat: 24
Surakarta

Kementerian Pertanian (Kementan) terus membuka potensi pasar ekspor untuk berbagai komoditas lewat berbagai perangkat kerjanya, salah satunya Hortikultura. Bahkan, Indonesia telah berhasil mengekspor beberapa komoditas ke China.

Tak hanya itu, sejumlah komoditas lokal juga berhasil mengudara ke negara lain di kawasan Asia, Eropa, serta Amerika, menurut Kepala Badan Karantina Pertanian Kementan, Ali Jamil.

"Adapun jenis yang sering dikirim adalah selada air, jamur, buncis, lobak, bit, labu siam, waluh lokal, dan kentang," katanya, saat melepas ekspor di Gudang PT Gapura Angkasa, Garuda Indonesia, Tangerang, Banten, Jumat (6/9).

Baca Juga: Lagi, Kementan Ekspor 35 Kontainer Kacang Hijau ke China dan Filipina

Untuk produk sayuran misalnya, Kabupaten Bandung tercatat menjadi pemasok andalan ke Negeri Singa. Tak hanya sayur, buah-buahan lokal juga diekspor ke negara itu.

Ali menambahkan, "Pasar produk pertanian, khususnya sayuran dan buah-buahan sangat terbuka luas di Singapura."

Tak hanya itu, menurut Ali, pemerintah juga tengah berupaya membuka keran ekspor tanaman hias ke berbagai negara di seluruh dunia. Salah satunya, ekspor tanaman hias yang sudah menembus pasar Belanda.

"Semua bahan komoditas itu dikirim dari sejumlah daerah, seperti Provinsi Jawa Barat, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Indonesia bagian Timur lainnya," imbuh Ali.

Baca Juga: Buton Utara Kembangkan Ekspor Produk Organik, Siap Bersaing di Pasar Global

Adapun beberapa produk pertanian yang sudah dilepas pada bulan ini antara lain buah mangga sebanyak 1,6 ton, bibit tanaman hias sebanyak 141,3 ribu batang, Sarang Burung Walet (SBW) sebanyak 51,5 kilogram, telur Hatching Eggs (HE) sebnyak 60,5 ribu butir serta ular jali sebanyak 1.000 ekor.

"Total nilai ekonomi ekspor produk pertanian yang diekspor kali ini sebesar Rp2,2 miliar," katanya.

Sementara itu, khusus pengiriman produk hortikultura, pemerintah sudah membuat rute pengiriman melalui Bandar Udara Soekarna Hatta dan Pelabuhan Laut Tanjung Priok. Penggunaan di dua lokasi ini dibuat untuk menyesuaikan tingkat ketahanan masing-masing komoditas yang diekspor.

"Ekspor sayuran ini semakin membuktikan, pemerintah berkomitmen meningkatkan produksi dan kualitas komoditas sayuran. Tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, namun sanggup mengisi pasar luar negeri," katanya.

Baca Juga: 2019, Ekspor Perkebunan dan Peternakan Tumbuh di atas 4 Persen

Sekedar informasi, Balai Karantina Pertanian sendiri telah menggagas program Agro Gemilang untuk meningkatkan kualitas barang dan membuka keran ekspor. Program ini tidak hanya berpokus pada pendampingan teknis, namun juga edukasi pada calon eksportir baru dengan menggunakan aplikasi i-MACE.

"Sesuai arahan Bapak Menteri Pertanian, kita harus fokus untuk mendorong ekspor. Inovasi dan terobosan perkarantinaan ditujukan untuk percepatan layanan dan juga fungsi fasilitator," katanya.

Ali menambahkan, saat ini Badan Karantina juga terus melakukan pendampingan pada petani maupun rumah kemas di seluruh daerah. Pendampingan ini bertujuan untuk memenuhi standar bebas hama sesuai syarat dari negara tujuan.

Sementara untuk bidang perbenihan dan budidaya, lanjut Jamil, semua unit dan direktorat teknis di lingkup Kementan diharapkan turut berperan aktif melakukan pendampingan.

"Apalagi jumlah ekspor Pertanian terus mengalami peningkatan. Pengiriman berbagai jenis sayuran seminggu 5 kali, sedangkan buah-buahan 3 hingga 4 kali seminggu ke Singapura," tandasnya.

Penulis: ***

Editor: Tanayastri Dini Isna


Foto: Kementan

Sumber: wartaekonomi

Mantap Jiwa! Ekspor Holtikultura Indonesia Tembus Pasar China!

Mantap Jiwa! Ekspor Holtikultura Indonesia Tembus Pasar China!

Mantap Jiwa! Ekspor Holtikultura Indonesia Tembus Pasar China!

Mantap Jiwa! Ekspor Holtikultura Indonesia Tembus Pasar China!

Mantap Jiwa! Ekspor Holtikultura Indonesia Tembus Pasar China!

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya