0
Thumbs Up
Thumbs Down

Masjid Banbury Luncurkan Bank Kebersihan Bantu Sesama

Republika Online
Republika Online - Wed, 19 Feb 2020 16:40
Dilihat: 20
Masjid Banbury Luncurkan Bank Kebersihan Bantu Sesama

BANBURY -- Setelah mendirikan bank makanan, kini Masjid Banbury di Oxfordshire, Inggris, meluncurkan bank kebersihan. Layanan Bank kebersihan ini akan memasok atau menyediakan perlengkapan mandi dan produk kebersihan lainnya, seperti deodoran, sabun, pasta gigi, sabun mandi, dan popok untuk disumbangkan.

Pendiri komunitas peduli sesama di Masjid Banbury, Yasmin Khaduji, mengatakan sudah ada kalangan bisnis Banbury yang ikut serta dan menyumbangkan produk-produk kebersihan ke masjid ini. Menurutnya, Royal Mail menjadi sponsor khusus pertama.

Untuk menjangkau sebanyak mungkin orang yang membutuhkan, bank kebersihan menyerukan pelaku bisnis di Banbury lainnya terlibat, baik melalui cara mendorong sumbangan dari karyawan seperti Royal Mail atau melalui sponsor dan sumbangan perusahaan.

"Jika ada perusahaan besar yang ingin berpartisipasi dalam hal ini maka saya lebih dari senang untuk berhubungan dengan mereka," kata Yasmin, dilansir di Banbury Guardian, Rabu (19/2).

Skema ini terpisah dari layanan Kulkas Komunitas, yang bebas digunakan setiap hari bagi anggota komunitas untuk mengambil makanan yang mereka butuhkan, dan dibentuk untuk mencegah makanan yang masih dapat dimanfaatkan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Keberhasilan Kulkas Komunitas telah menginspirasi proyek serupa secara regional. Misalnya, dengan munculnya beberapa Kulkas Komunitas yang mengikuti inisiatif di Banbury, yaitu Banbury Community Fridge, Bicester, Witney, dan Botley. Karena itu, Yasmin berharap bank kebersihan pun akan menginspirasi pihak lainnya untuk membuka hal serupa.

"Jadi yang kuharapkan adalah ide bank kebersihan akan menyebar ke kota-kota lain," ujarnya.

Pegawai kantor pos wanita bernama Louise Regan, mengatakan ia memiliki ide bank kebersihan ini dan berbicara dengan Yasmin untuk menilai apakah itu layak. Sebab, kata dia, ketika kesulitan uang, hal yang orang butuhkan termasuk perlengkapan mandi, produk pembersih rumah dan lainnya.

"Ini hanya inisiatif karyawan Royal Mail, jadi saya hanya meminta semua orang di tempat kerja membawa sesuatu dalam waktu sebulan. Hanya membeli sedikit tambahan selama toko mingguan dan itu menumpuk. Orang-orang sangat senang membantu," kata Louise.

Sementara itu, Ketua Masjid Banbury Abu Hassan Hannif mengatakan, keinginan membantu sesama ini sesuai dengan prinsip dari ajaran Islam. Menurutnya, selain bank makanan, ia kini membuka bank kebersihan untuk membantu sesama yang membutuhkannya.

Dia menambahkan, apa yang mereka lakukan adalah meneladani Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas sebagai Muslim. Mereka diingatkan tentang kebutuhan untuk membantu orang lain yang tidak memiliki kebutuhan sehari-hari yang mereka nikmati. Dengan adanya bank kebersihan ini, masyarakat yang membutuhkan bisa menerimanya secara cuma-cuma.

"Nabi terkasih kita Muhammad SAW berkata, 'Tidak seorang pun dari Anda memiliki iman sampai Anda mencintai tetangga Anda apa yang Anda cintai untuk diri Anda sendiri'," kata Hasan.


Untuk mengakses bank makanan dan bank kebersihan, orang harus pergi ke kantor Citizen Advice (CA) di dekat Market Place untuk memberikan perincian kebutuhan mereka. Kemudian, bank makanan atau kebersihan itu akan mengeluarkan vocer yang kemudian dapat ditebus di bank pada Sabtu pagi pukul 11.00-12.00. (Kiki Sakinah)

Berita Terkait
  • Pasangan Muslim Inggris Canangkan Kencan Halal Bagi Lajang
  • Inggris tak Akui Pernikahan Pasangan Muslim Ini
  • Muslim Stoke on Trent Inggris akan Miliki Tempat Parkir Luas
Berita Lainnya
  • Thailand Temukan Enam Kasus Baru Virus Corona
  • Arena Bermain di IBF 2020 Bisa Tampung 400 Anak

Masjid Banbury Luncurkan Bank Kebersihan Bantu Sesama

Masjid Banbury Luncurkan Bank Kebersihan Bantu Sesama

Masjid Banbury Luncurkan Bank Kebersihan Bantu Sesama

Masjid Banbury Luncurkan Bank Kebersihan Bantu Sesama

Masjid Banbury Luncurkan Bank Kebersihan Bantu Sesama

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya