0
Thumbs Up
Thumbs Down

Massa Pro Demokrasi Hong Kong Bentrok dengan Massa Pro Beijing

wartaekonomi
wartaekonomi - Sun, 15 Sep 2019 05:30
Dilihat: 29
Hong Kong

Bentrokan antar demonstran kembali terjadi di Hong Kong, Sabtu (14/9/2019), dalam aksi protes terbaru yang menyerukan reformasi demokrasi di wilayah semi otonom China itu. Insiden tersebut pecah tak lama usai para demonstran pro demokrasi berkumpul di sebuah plaza di daerah Teluk Kowloon. Lokasi ini, ada ratusan massa pro Beijing tengah menyanyikan lagu kebangsaan dan mengibarkan bendera China.

Kedua kelompok dilaporkan terlibat pemukulan dan beberapa demonstran menyerang lawannya dengan payung. Video yang beredar di dunia maya memperlihatkan sekelompok pria menyerang sekelompok anak muda dengan tiang bendera, tendangan dan pukulan, membuat mereka yang menyaksikan peristiwa itu melarikan diri

Pihak keamanan yang menggunakan tongkat bergerak cepat untuk memecah massa, yang jumlahnya dianggap kecil dibandingkan dengan aksi-aksi sebelumnya dibanding saat demonstran pro demokrasi menyerang gedung legislatif, membakar ban di jalan, menghancurkan stasiun kereta bawah tanah dan bentrok dengan polisi seperti dikutip dari VOA, Minggu (15/9/2019).

Aksi demonstrasi mahasiswa juga terjadi di lapangan umum pusat kota dan pawai pro-demokrasi di pinggiran barat laut Tin Shui Wai. Bentrokan tersebut terjadi usai beberapa malam aksi demonstrasi damai dilakukan di pusat perbelanjaan oleh para pendukung demonstrasi pro-demokrasi selama berbulan-bulan.

Para massa terus melanjutkan aksi meskipun pemerintah Hong Kong berjanji untuk menarik rancangan undang-undang (RUU) ekstradisi yang memicu protes. Semenjak itu para pembangkang telah memperluas tuntutan mereka untuk pemilihan langsung para pemimpin dan penyelidikan terhadap kekerasan polisi terhadap demonstran.

Para demonstran melihat RUU yang akan memungkinkan beberapa tersangka kriminal Hong Kong diekstradisi ke daratan China untuk diadili merupakan contoh erosi otonomi Hong Kong sejak bekas koloni Inggris itu dikembalikan ke China pada tahun 1997.

Diketahui, dari 1.300 orang lebih telah ditangkap sejak aksi demonstrasi dimulai pada awal Juni lalu. Demonstrasi yang semakin keras semakin merusak ekonomi Hong Kong, yang telah dilemahkan oleh perang perdagangan AS-China.

Penulis: Redaksi

Editor: Abdul Halim Trian Fikri

Foto: Foto/Istimewa

Sumber: wartaekonomi

Massa Pro Demokrasi Hong Kong Bentrok dengan Massa Pro Beijing

Massa Pro Demokrasi Hong Kong Bentrok dengan Massa Pro Beijing

Massa Pro Demokrasi Hong Kong Bentrok dengan Massa Pro Beijing

Massa Pro Demokrasi Hong Kong Bentrok dengan Massa Pro Beijing

Massa Pro Demokrasi Hong Kong Bentrok dengan Massa Pro Beijing

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya