0
Thumbs Up
Thumbs Down

Masyarakat Antusias dengan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa

Republika Online
Republika Online - Thu, 09 Jul 2020 02:50
Dilihat: 55
Masyarakat Antusias dengan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa

JAKARTA -- Masyarakat antusias berkurban melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa. Ketua THK Dompet Dhuafa, Zainal Abidin, menjelaskan pemasaran program THK sudah dimulai beberapa hari sebelum Ramadhan lalu. Hingga sebulan jelang Idul Adha 1441 Hijriah, menurutnya sudah lebih dari 3.000 ekor domba/kambing dan 100 ekor sapi yang terjual.

"Kami bersyukur, saat ini gairah berkurban semakin tinggi, juga di antara anak-anak muda milenial. Dan kecenderungan mereka memilih hewan kurban terbaik. Alhamdulillah," katanya.

Ia mengatakan ada perubahan tren dalam pemilihan hewan kurban. Pada tahun-tahun sebelumnya, menurut Zainal, domba atau kambing standar yang dipilih oleh para pekurban. Pada tahun ini, justru domba/kambing premium yang habis lebih dahulu dibeli pekurban.

Setelah domba atau kambing premium habis, kata dia, domba atau kambing medium mengalami peningkatan penjualan. Bahkan kini stok domba dan kambing medium hanya tersisa 200 ekor saja. Meski demikian menurut Zainal masyarakat tak perlu khawatir sebab THK Dompet Dhuafa masih memiliki stok domba atau kambing standar lebih dari 20 ribu ekor.

"Tahun ini di tengah situasi pandemi Covid-19, kami tidak banyak melakukan promosi off-line. Sebagian besar pemasaran kami dilakukan secara online, yang dekat dengan kehidupan kaum milenial," katanya.

Zainal menjelaskan pada tahun ini THK Dompet Dhuafa menyiapkan 30 ribu ekor domba/kambing, dalam 3 kategori yaitu standar (23-28 kg), medium (29-34 kg) dan premium (lebih dari 35 kg). Sedangkan untuk Sapi, THK Dompet Dhuafa menyiapkan 1.000 ekor.

Sementara untuk zonasi lokasi penyaluran menurut Zainal pihaknya membaginya sedemikian rupa dengan tetap memperhatikan keadilan bagi para mustahik. Itu sebabnya, jelas dia untuk domba atau kambing dialokasikan untuk wilayah penyebaran di pulau Jawa sedangkan sapi untuk di luar pulau Jawa. Zainal mengatakan THK Dompet Dhuafa berupaya menghindari penyembelihan di kota, sebab para mustahik lebih banyak di kawasan perdesaan.

Ia menambahkan dengan keberadaan kantor perwakilan Dompet Dhuafa di 200 kota/kabupaten di seluruh Indonesia setiap cabang juga menyediakan dan melaksanakan penyembelihan hewan kurban secara mandiri. Sebab itu menurutnya, berkurban melalui THK Dompet Dhuafa akan menebar manfaat di seluruh negeri.

Zainal menambahkan program THK Dompet Dhuafa telah berlangsung selama 26 tahun dengan semakin banyak masyarakat yang memilihnya mempercayakan penyembelihan hewan kurban melalui THK Dompet Dhuafa. Untuk menjaga kepercayaan itu, THK Dompet Dhuafa memastikan standar berat hewan kurban masing-masing kategori. Selain sehat, hewan kurban juga dipastikan tidak cacat dan memastikan yang disembelih adalah hewan jantan.

Untuk memperoleh hewan kurban di THK Dompet Dhuafa masyarakat pun semakin mudah. Masyarakat tinggal mengakses laman Dompet Dhuafa atau pun mencari program THK Dompet Dhuafa di toko daring.


"Menurut saya, yang digital itu transaksinya, karena bisa dilakukan secara digital melalui berbagai moda. Kalau penyembelihan hewan kurbannya, tetap dilakukan seperti biasa. Off-line. Dengan berbagai moda pembayaran yang bekerjasama dengan THK, berkurban jadi lebih mudah. Apalagi saat ini, kami juga menyediakan domba/kambing dengan harga terjangkau. Dengan berbagai kemudahan itu, saya berharap semua orang bisa berkurban," katanya.

Berita Terkait
  • Dompet Dhuafa Bersama Lion Air Goup Beri Layanan Rapid Test
  • RST Dompet Dhuafa Gelar Muhasabah dan Doa Bersama
  • Dompet Dhuafa Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik
Berita Lainnya
  • Jokowi Minta Impor APD Disetop
  • Masyarakat Antusias dengan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa

Masyarakat Antusias dengan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa

Masyarakat Antusias dengan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa

Masyarakat Antusias dengan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa

Masyarakat Antusias dengan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa

Masyarakat Antusias dengan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya