0
Thumbs Up
Thumbs Down

Melengkapi Tahfiz Alquran dengan Perangkat Tadabur Amali

Republika Online
Republika Online - Thu, 02 Jul 2020 23:47
Dilihat: 50
Melengkapi Tahfiz Alquran dengan Perangkat Tadabur Amali

JAKARTA- Menjamurnya lembaga-lembaga, sekolah-sekolah, dan pesantren-pesantren tahfiz Alquran (menghafal Alquran) pada saat ini haruslah diapreasiasi. Apalagi pada saat ini di banyak lembaga, sekolah dan pesantren membuat berbagai macam metode inovatif agar lebih mudah dan lebih cepat menghafal Alquran.

"Berbagai macam metode inovatif agar lebih mudah memutqinkannya supaya tidak mudah lupa, dan berbagai macam metode inovatif agar lebih mudah membacanya dengan tartil," kata Pimpinan Pesantren Tahfizh Mutiara Darul Quran Kab Bandung Barat, Ustadz Teguh Turwanto saat berbincang virtual dengan Republika.co.id, Kamis (2/7)

Menurutnya inovasi-inovasi tersebut tidaklah cukup, perlu inovasi-inovasi selanjutnya yaitu bagaimana agar AlAlquran lebih mudah dipahami tafsirnya dengan baik dan mutqin serta lebih mudah ditadabburi (dihayati). Karena masih banyak kaum muslimin yang kesulitan memahami dan menghayatinya dengan baik.

"Padahal Alquran tidak sekadar dibaca dan dihafalkan, tapi juga dipahami dengan baik dan ditadabburi (dihayati) sehingga mudah diamalkan," katanya.

Ustadz Teguh menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Akan keluar suatu kaum dari umatku, mereka membaca Alquran, bacaan kamu dibandingkan bacaan mereka sungguh tidak ada apa-apanya, demikian shalat dan puasa kamu dibandingkan sholat dan puasa mereka tidak ada apa-apanya. Mereka membaca Alquran dan mengiranya sebagai pembela mereka, padahal ia adalah hujjah yang menghancurkan alasan mereka. Sholat mereka tidak sampai ke tenggorokan, mereka lepas dari Islam sebagaimana melesatnya anak panah dari busurnya." (HR Abu Dawud, Bukhari & Muslim).

Allah SWT berfirman: "Maka tidakkah mereka menghayati Al-Alquran, ataukah hati mereka sudah terkunci?" (QS Muhammad: 24).

Imam Ibnul-Qayim RA berkata: "(Al-Alquran diturunkan) bukan untuk dibaca tanpa memahami dan menghayati (tadabbur) sebab Allah SWT berfirman:

"Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran" (QS Shaad: 29)

Al-Hasan Al-Bashri uga berkata: "Al-Alquran turun (kedunia) untuk di-tadabburi (dihayati maknanya) dan diamalkan."

te

Pimpinan Pesantren Tahfizh Mutiara Darul Quran, Kab Bandung, Jawa Barat, Ustaz Teguh Turwanto. - (dok. Istimewa)
Pimpinan Pesantren Tahfizh Mutiara Darul Quran, Kab Bandung, Jawa Barat, Ustaz Teguh Turwanto. - (dok. Istimewa)

Rasulullah SAW bersabda:

"Akan keluar manusia dari arah Timur dan membaca Al Qur'an namun tidak melewati kerongkongan mereka. Mereka melesat keluar dari agama sebagaimana halnya anak panah yang melesat dari busurnya. Mereka tidak akan kembali kepadanya hingga anak panah kembali ke busurnya" (HR Bukhari).

Ibnu Hajar Al Asqalani menjelaskan, maksud bacaan Alquran tidak melewati kerongkogan adalah tidak diangkat kepada Allah, tidak ada nilainya di sisi Allah. Jika kerongkongan saja tidak terlewati, maka tentu ia tidak akan sampai ke hati.

Ustadz Teguh mengatakan, memahami Alquran dengan baik dan mutqin tafsirnya 30 juz serta mentadaburi (menghayati)nya bukanlah hal yang mudah. Butuh latihan, butuh pembiasaan, dan butuh metode yang inovatif agar Alquran lebih mudah dipahami, lebih mudah dimutqinkan tafsirnya dan lebih mudah ditadabburi.

Allah SWT berfirman: "Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan AlAlquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?" (QS Al-Qamar: 17).


Berita Terkait
  • Para Penerus Al-Falimbani di Palembang
  • Cerita Muchlis Hanafi Soal Kegagapan Langgam Alquran
  • Khusus Doa, Ibadah, dan Cipta Adam Allah SWT Gunakan Aku
Berita Lainnya
  • DPRD Jabar Minta Masukan MUI Bogor Soal Raperda Pesantren
  • Apple Akuisisi Film Will Smith dengan Harga Fantastis

Melengkapi Tahfiz Alquran dengan Perangkat Tadabur Amali

Melengkapi Tahfiz Alquran dengan Perangkat Tadabur Amali

Melengkapi Tahfiz Alquran dengan Perangkat Tadabur Amali

Melengkapi Tahfiz Alquran dengan Perangkat Tadabur Amali

Melengkapi Tahfiz Alquran dengan Perangkat Tadabur Amali

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya