0
Thumbs Up
Thumbs Down

Melihat Semaraknya Kampung Kakek Harris di India, Mulai Petasan hingga...

wartaekonomi
wartaekonomi - Thu, 21 Jan 2021 09:09
Dilihat: 50

Kebahagiaan atas pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris, sebagai Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) tidak hanya dirasakan warga Negeri Paman Sam saja. Warga desa Thulasendrapuram, kampung kakek Harris, di India ikut menyambut momen tersebut.

Thulasendrapuram, adalah desa kecil di Negara Bagian Tamil Nadu, India. Sekitar 350 Kilometer (Km) di sebelah selatan Kota Chennai. Wilayahnya subur dan hijau. Sebagian wilayahnya ditanami padi.

Baca Juga: Kamala Harris yang Menjadi Wakil Presiden Wanita Pertama AS Rupanya Dinanti Oleh Segudang Hal Ini

Harris merupakan wanita pertama keturunan Asia-Amerika menjadi pemimpin di AS.

"Kami merasa sangat bangga bahwa seorang India terpilih sebagai Wapres AS," kata Anukampa Madhavasimhan, guru di desa itu, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Ikut menyambut pelantikan, penduduk desa tersebut berkumpul di restoran. Selain itu, mereka memasang spanduk bergambar Harris di beberapa tempat. Warga setempat juga membagikan kalender bergambar Biden dan Harris ke seluruh desa.

Kegiatan lainnya, warga desa memanjatkan doa khusus di pura. Pandita memandikan patung Dewa Hindu Siwa dengan susu, lalu dihiasi dengan bunga.

Warga desa berharap karier Harris terus menanjak. Bisa menjadi orang nomor satu di AS. Hal yang sangat mungkin terjadi. Mengingat usia Biden yang empat tahun mendatang genap 82 tahun. Dan, hingga kini Biden belum pernah menyampaikan apakah akan maju kembali atau pensiun.

"Selama empat tahun ke depan, jika dia mendukung India, dia akan menjadi presiden," kata G Manikandan, penjaga toko di desa itu, dikutip Al Jazeera.

Pengelola kuil Sheshadri Venkatraman juga berharap demikian. "Saya berharap Harris baik-baik saja, sukses dan saya berharap setelah empat tahun dia menjadi presiden AS, itu adalah keinginan saya, keinginan yang tulus," kata Sheshadri.

Sebelumnya, ketika menjelang Pemilihan Presiden AS November lalu, penduduk di Thulasendrapuram mengadakan upacara khusus di pura Hindu di desa itu, mendoakan kesuksesan bagi Harris.

Begitu Harris dinyatakan menang, mereka menyalakan petasan, dan membagikan permen serta bunga sebagai persembahan keagamaan.

Harris, wanita kelahiran 20 Oktober 1964, dinilai sebagai ikon pendobrak sejarah AS. Banyak warga berharap bahwa mantan jaksa di San Fransisco, Jaksa Agung di California dan Senator AS ini bisa menghadirkan pemerintahan yang mengedepankan keadilan dan kesetaraan.

Harris juga memiliki latar belakang yang menarik. Dia lahir dari ibu keturunan India, Shyamala Gopalan, dan ayah yang berasal dari Jamaika, Donald Harris.

Dia adalah anak imigran. Latar belakang tersebut membuatnya memahami bahwa kesetaraan sangat mahal harganya, dan membutuhkan pengorbanan.

Pidato Perpisahan Trump

Beberapa jam menjelang pelantikan Biden-Harris, Presiden Donald Trump menyampaikan pidato perpisahan dari Gedung Putih. Meski mengakui pemerintahan baru, ia tak kunjung mengucapkan selamat kepada Biden, penggantinya.

"Kami telah melakukan apa yang harus kami lakukan di sini, dan lebih banyak lagi," kata Trump.

Presiden berusia 74 tahun itu menjalankan kebijakan berkonflik dengan China serta membuat serangkaian kesepakatan damai di Timur Tengah.

"Saya sangat bangga menjadi presiden pertama dalam beberapa dekade yang tidak memulai perang baru," katanya.

Soal kerusuhan di Capitol AS pada 6 Januari lalu, Trump menegaskan, serangan di Capitol Hill, gedung parlemen AS, tidak pernah bisa ditoleransi.

Dalam pidatonya, kesan Trump belum luntur. Dia mengakui, terbentuknya pemerintahan baru. Tapi, secara politik, Trump memberi sinyal belum menyerah.


"Saya ingin Anda tahu bahwa gerakan yang kami mulai baru saja dimulai," tandasnya.

Sumber: wartaekonomi

Melihat Semaraknya Kampung Kakek Harris di India, Mulai Petasan hingga...

Melihat Semaraknya Kampung Kakek Harris di India, Mulai Petasan hingga...

Melihat Semaraknya Kampung Kakek Harris di India, Mulai Petasan hingga...

Melihat Semaraknya Kampung Kakek Harris di India, Mulai Petasan hingga...

Melihat Semaraknya Kampung Kakek Harris di India, Mulai Petasan hingga...

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya