0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mendag Lepas Ekspor Sarang Burung Walet 10 Ton ke Tiongkok

Citra Indonesia
Citra Indonesia - Sat, 20 Jul 2019 16:27
Dilihat: 489
Mendag Lepas Ekspor Sarang Burung Walet 10 Ton ke Tiongkok

JAKARTA, - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita diwakili Plh Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Veri Anggrijono didampingi Sesdirjen Perdagangan Luar Negeri Marthin Simanungkalit, melepaskan ekspor Sarang Burung Walet ke Tiongkok (China) berkat kerjasama antara PT Tong Heng Invesment Indonesia Dengan Bird's Nest Diary (Quanzhou Yuyan Family Biotechnology Co.,Ltd.-China) di Restoran Nelayan Ancol Lodan, Jakarta Utara, Jumat (19/7/2019).

Menurut Veri, total volume ekspor komoditas itu sebanyak 10 ton setara senilai USD 240 juta atau Rp336 miliar dengan asumsi Rp14.0000 per USD. Di mana komoditi ini katanya dihargai sekitar USD 24000/Kg di Tiongkok.

Namun terungkap dalam pelepasan ekspor itu bahwa ternyata 21 eksportir Sarang Burung Walet Indonesia tidak mampu memenuhi kuota impor yang diminta Tiongkok sebanyak 150 ton. Di mana ekspor hari ini hanya 60 ton.

Hal itu disebabkan masalah standard yang tinggi ditetapkan Tiongkok, juga karena kurangnya raw materialnya. Terlebih banyak pelaku usaha asing yang datang ke Indonesia untuk mencari bahan bakunya dan diekspor secara ritel melalui negara lain seperti Vietnam dan lainnya. Tapi ujung- ujungnya barangnya ke Tiongkok juga.

Plh Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Veri Anggrijono didampingi Sesdirjen Perdagangan Luar Negeri, Marthin Simanungkalit melepas ekspor Sarang Burung Walet 10 Ton ke Tiongkok di Jakarta 19 Juli 2019. Foto Olo

Selain kendala itu, Tiongkok juga menerapkan pajak bea masuk mahal. Bahwa Sarang Burung Walet dianggap barang mewah di sana.

Untuk itu, Veri Anggrijono berharap lawatan Mendag Enggartiasto Lukita di Tiongkok dapat memberikan solusi terbaik dalam negosiasinya dengan pemerintah Tiongkok tersebut sehingga bisnis ini lancar dalam menggenjot volume ekspor demi meningkatkan penerimaan devisa negara di masa mendatang.

"Saat ini Menteri Perdagangan melakukan kunjungan kerja ke Beijing dan Shanghai Tiongkok 17-23 Juli 2019, dalam rangka untuk melobi pemerintah China dan dalam hal ini GACC (General Administration of Custom China) untuk dapat lebih membuka dan memudahkan ekspor Sarang Burung Walet Indonesia masuk ke China," ujar Veri membacakan sambutan Mendag itu.

Seperti yang kita ketahui bahwa ekspor Indonesia tumbuh sebesar 6,62% di tahun 2018 menjadi US$ 180 Milyar. Ekspor Non Migas Indonesia selama 5 (lima) tahun yaitu 2014 s/d 2018 menunjukkan trend positif 3,76%.

Pada tahun 2019 sampai dengan bulan April ekspor Non Migas Indonesia sebesar US$ 49 Miliar turun sebesar 8,54% dari tahun 2018 pada periode yang sama sebesar US$ 53,55 Miliar.

"Kita berharap pak Mendag dapat membantu mencari jalan keluarnya demi melancarkan arus ekspor Sarang Burung Walet kita inu ke sana. Karena prospeknya memang sangat bagus jika bisnis ini dikelalo secara profesional. Tapi memang jika ada barang keluar secara ilegal, kita akan tindak tegas," jelasnya.

Sementara itu Komisaris PT Tongheng Investment Indonesia Chan Yu Tak, di acara ya g sama mengatakan senang berbisnis komoditi ini di Indonesia. Karena dia merasa mendapatkan pengarahan dan pembinaan yang baik di instansi Pemerintah RI, seperti Kemendag RI hingga Pemda- Pemda di berbagai daerah.

"Kami sangat senang berbisnis di Indonesia karena kami dibina, diarahkan dengan baik sehingga ekspor hari ini bisa berjalan sesuai dengan harapan kami. Dan kami masih akan terus meningkatkan kinerja ekspornya untuk membantu kinerja ekspor nasional," pungkasnya. (olo)


The post Mendag Lepas Ekspor Sarang Burung Walet 10 Ton ke Tiongkok appeared first on Citra Indonesia.

Sumber: Citra Indonesia

Mendag Lepas Ekspor Sarang Burung Walet 10 Ton ke Tiongkok

Mendag Lepas Ekspor Sarang Burung Walet 10 Ton ke Tiongkok

Mendag Lepas Ekspor Sarang Burung Walet 10 Ton ke Tiongkok

Mendag Lepas Ekspor Sarang Burung Walet 10 Ton ke Tiongkok

Mendag Lepas Ekspor Sarang Burung Walet 10 Ton ke Tiongkok

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya