0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mental Baja Taiwan Terkuak, Beli Beli Drone Reaper dan Rudal AS

wartaekonomi
wartaekonomi - Tue, 22 Sep 2020 09:49
Dilihat: 40
Taipei

Bukan Amerika Serikat (AS) namanya jika tidak mengganggu Republik Rakyat Tiongkok atau China. Iya, baru-baru ini beredar kabar bahwa Washington telah membangun hubungan yang cukup intens dengan negara tetangga China, Taiwan.

Bahkan, dalam beberapa hari kedepan, Wakil Menteri Luar Negeri untuk Pertumbuhan Ekonomi, Energi dan Lingkungan, Keith Krach akan datang ke Taiwan untuk mematangkan rencana kerjasama dibidang pertahanan antara Amerika Seriktat dan Taiwan.

Baca Juga: Presiden Taiwan Jumpai Bukti Nyata China Ancaman bagi Seluruh Kawasan

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, rencana kedatangan diplomat senior AS itu telah membuat China marah besar. Pasalnya, informasi yang dihimpun intelijen China, maksud kedatangan utusan Washington ke negara tetangga China itu dalam rangka suksesi belanja alat pertahanan atau senjata yang akan dilakukan oleh Taiwan dari AS.

Ternyata informasi itu benar. Amerika Serikat ternyata berencana akan menjual sejumlah alat pertahanan canggihnya kepada Taiwan untuk menghadapi kekuatan Tentara Pembebasan Rakyat China.

Dikutip dari Sputnik News, saat ini Anggota Parlemen AS tengah membahas persetujuan permintaan pembelian senjata besar-besaran dari Taiwan. Kabarnya Taiwan sudah menganggarkan belanja senjata ke Amerika Serikat dengan nilai yang sangat fantastis, yaitu sebesar USD 7 miliar.

"Kesepakatan itu akan memberi pulau otonom tidak hanya dengan senjata pertahanan, tetapi juga dengan kemampuan ofensif dalam bentuk rudal serangan jarak jauh dan drone tempur," kata pejabat militer AS dikutip dari Sputnik News, Sabtu (19/9/2020).

Sementara itu, Wall Street Journal melaporkan, bahwa kesepakatan itu mencakup drone MQ-9B Reaper dengan nilai USD 400 juta dan peralatan pendukung lainnya. Drone MQ-9B Reaper merupakan drone hasil pengembangan terbaru AS yang dilengkapi dengan Kontrol Teknologi Rudal.

Tidak hanya itu, selain drone Reaper canggih buatan AS, Taiwan juga berencana membeli rudal AGM-84H/K SLAM-ER. Rudal itu merupakan varian serangan darat jarak jauh dari rudal anti-kapal Harpoon.

"Senjata itu dapat ditembakkan dari luar jangkauan sistem pertahanan udara China, yang berarti senjata tersebut hampir pasti akan digunakan untuk menyerang sasaran di daratan China jika terjadi konflik," dikutip dari New York Times.

Kendati demikian, hingga saat ini Taiwan sendiri belum blak-blakan terkait dengan rencana pembelian senjata dari AS tersebut. Bahkan, sejumlah media Taiwan menyatakan, bahwa rencana itu masih merupakan spekulasi semata. Tapi, China sudah mencium rencana itu jauh-jauh hari sebelum kedatangan Keith Krach.

Beijing menegaskan, pihaknya tidak akan tinggal diam dengan rencana AS untuk masuk ke negara tetangganya itu. Bahkan, China menyatakan secara terbuka bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan latihan militer di dekat selat Taiwan sebagai simbol bahwa Taiwan merupakan bagian dari integritas teritorial China dan AS tidak bisa masuk ke Taiwan dengan semena-mena.

"Kami sedang melakukan latihan militer di dekat Selat Taiwan, dengan alasan kebutuhan untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorial kami," kata otoritas China dikutip dari Sputnik News, Jumat (18/9/2020).

Penulis: Redaksi

Editor: Muhammad Syahrianto


Foto: US Navy/Chad Slattery

Sumber: wartaekonomi

Mental Baja Taiwan Terkuak, Beli Beli Drone Reaper dan Rudal AS

Mental Baja Taiwan Terkuak, Beli Beli Drone Reaper dan Rudal AS

Mental Baja Taiwan Terkuak, Beli Beli Drone Reaper dan Rudal AS

Mental Baja Taiwan Terkuak, Beli Beli Drone Reaper dan Rudal AS

Mental Baja Taiwan Terkuak, Beli Beli Drone Reaper dan Rudal AS

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya