0
Thumbs Up
Thumbs Down

Momen Mudik Lebaran Geliatkan Ekonomi

wartaekonomi
wartaekonomi - Mon, 10 Jun 2019 16:58
Dilihat: 51
Jakarta

Momen Lebaran tahun ini terjadi peningkatan arus mudik yang cukup signifikan. Arus mudik asal Jakarta saja, dari data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tercatat 1,2 juta kendaraan sepanjang H-7 hingga H-1, meningkat 26% dibanding lalu lintas harian.

Melihat fenomena mudik tahun ini, Mohammad Faisal, Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, menyatakan, peningkatan arus mudik mendorong aktivitas konsumsi masyarakat selama libur Lebaran, khususnya pada dua minggu pertama Juni tahun ini. Pencairan tunjangan hari raya (THR) atau gaji ke-13 untuk PNS, TNI, dan Polri sebelum Lebaran berperan besar memicu peningkatan permintaan akan barang maupun jasa selama libur Lebaran.

Baca Juga: Mudik Lebaran Disebut-sebut Sebagai Gerakan Perekonomian

Di samping itu, peningkatan sarana, prasarana, serta pengelolaan transportasi dalam dan antarpulau tahun ini juga berperan besar memperlancar aktivitas mudik. Penyediaan dan pengelolaan transportasi yang lebih baik dapat dilihat, misalnya dari angka kecelakaan arus mudik sepanjang H-7 sampai H+1 tahun ini yang mengalami penurunan tajam sebesar 62% dibanding periode yang sama tahun lalu, berdasarkan data Kemenhub.

Demikian pula beberapa ruas tol baru yang sudah dapat beroperasi untuk memperlancar arus mudik, khususnya di Jawa dan Sumatera, yang merupakan pusat mobilitas arus mudik terbesar.

Peningkatan barang dan jasa selama libur Lebaran, lanjut Faisal, berpotensi mendongkrak pertumbuhan konsumsi rumah tangga di triwulan II tahun ini di kisaran 5,1%, lebih tinggi dibanding pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada triwulan sebelumnya yang mencapai 5,01%.

Selain memberikan efek positif pertumbuhan ekonomi, peningkatan, dan kelancaran aktivitas mudik juga membantu pemerataan ekonomi, khususnya antara kota dan desa serta antardaerah.

Baca Juga: Kenapa Arus Balik Lebih Padat Ketimbang Arus Mudik?

"Sayangnya efek ekonomi dari mudik Lebaran relatif masih bersifat musiman. Padahal, potensi untuk memperluas dampak ekonomi dari aktivitas mudik tahun ini sangat besar," ujar Fasial melalui siaran pers yang diterima Warta Ekonomi, Senin (10/6/2019).

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, menurut Faisal, dibutuhkan inisiatif-inisiatif, baik dari pemerintah daerah, pelaku usaha, dan masyarakat pada umumnya. Salah satunya, misalnya memobilisasi para perantau/pemudik yang telah berhasil di perantauan untuk membangun daerah asal mereka, sehingga memacu pertumbuhan investasi di daerah-daerah.

Penulis: ***

Editor: Rosmayanti


Foto: Hafidz Mubarak A

Sumber: wartaekonomi

Momen Mudik Lebaran Geliatkan Ekonomi

Momen Mudik Lebaran Geliatkan Ekonomi

Momen Mudik Lebaran Geliatkan Ekonomi

Momen Mudik Lebaran Geliatkan Ekonomi

Momen Mudik Lebaran Geliatkan Ekonomi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya