0
Thumbs Up
Thumbs Down

MUI Tandatangani MoU Pembangunan RS Indonesia di Hebron

Republika Online
Republika Online - Mon, 29 Nov 2021 16:55
Dilihat: 70
MUI Tandatangani MoU Pembangunan RS Indonesia di Hebron

JAKARTA -- Dalam rangka merayakan hari solidaritas untuk Palestina, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar penandatangan nota kesepahaman (MoU) Kerja Sama Pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH) dengan Wali Kota Hebron, Palestina. Rumah sakit ini akan difungsikan sebagai pusat penanganan dan penyembuhan trauma fisik maupun psikis (trauma healing) akibat pandemi maupun konflik yang berkelanjutan.

Ketua Panitia Pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH) Palestina Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan program pembangunan RSIH mendapat animo dan respons positif dari masyarakat. Hal itu terlihat dari jumlah donasi yang terkumpul sekitar Rp 24 miliar dalam waktu kurang dari satu tahun. Dia juga mengapresiasi antuasiasme dan kepedulian masyarakat untuk terus berbagi dan menunjukkan solidaritas bagi warga Palestina meski di tengah kesulitan akibat wabah Covid-19.

"Sejauh ini sudah terkumpul sekitar Rp 24 miliar dan akan terus dilakukan hingga mencapai target Rp 87 miliar," ujar Sudarnoto yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerja Sama Luar Negeri dan Hubungan Internasional itu.

"Dana pembangunan RSIH ditargetkan dapat terkumpul pada akhir 2023, yang penyalurannya akan dibagi menjadi enam termin," ujarnya.

Rumah sakit yang akan berdiri di jantung kota Hebron, 500 meter dari Masjid Ibrahim, itu akan dibangun di atas lahan seluas 4.000 meter persegi. "RSIH akan sangat berguna sebagai pusat pengobatan masyarakat Palestina maupun jalur Gaza, juga menjawab kebutuhan kami atas layanan kesehatan sekaligus lahan pekerjaan bagi para dokter yang terpaksa kehilangan pekerjaan," ujar Wali Kota Hebron Tayseer Abu Sneineh yang hadir dalam penandatangan MoU Kerja Sama dengan MUI yang dilakukan secara virtual, Senin (29/11).

Hebron merupakan kota terbesar di Palestina, baik dari sisi luas wilayah maupun jumlah penduduk. Selama ini, kota tertua kedua di dunia ini juga menjadi tulang punggung perekonomian Pelestina.

Namun, sejak penjajahan Israel pada 1917, Hebron kehilangan banyak akses perekonomian baik karena pembatasan ekstrem hingga perusakan fasilitas publik besar-besaran. "Banyak bangunan kami dihancurkan oleh rezim Yahudi dan banyak akses Hebron yang tertutup, baik pertokoan, pusat perdagangan, rumah sakit, dan sekolah, sehingga masyarakat Palestina, khususnya Hebron sangat memerlukan bantuan dan uluran tangan," ujarnya.

"Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah membantu dan mendukung pembangunan RSIH di Hebron. Kami juga berterima kasih kepada Indonesia yang terus menunjukkan kepedulian bagi rakyat Palestina, dan terus memperjuangkan dan membantu memenuhi hak dan keperluan kami untuk dapat bertahan hidup," kata Sneineh.


Berita Terkait
  • Puan Dorong Negara GNB Dukung Kemerdekaan Palestina
  • Abbas dan Menlu Yordania Bahas Perjuangan Palestina
  • Pakar Bahas Efektivitas Hukum Internasional Soal Palestina
Berita Lainnya
  • In Picture: Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Kalsel
  • Presiden: Waspadai Varian Omicron

MUI Tandatangani MoU Pembangunan RS Indonesia di Hebron

MUI Tandatangani MoU Pembangunan RS Indonesia di Hebron

MUI Tandatangani MoU Pembangunan RS Indonesia di Hebron

MUI Tandatangani MoU Pembangunan RS Indonesia di Hebron

MUI Tandatangani MoU Pembangunan RS Indonesia di Hebron

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya