0
Thumbs Up
Thumbs Down

Nasdem Pesimistis RUU Data Pribadi Rampung Tahun Ini

Republika Online
Republika Online - Wed, 03 Jul 2019 15:59
Dilihat: 29
Nasdem Pesimistis RUU Data Pribadi Rampung Tahun Ini

JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Nasdem Supiadin Aries Saputra tidak yakin Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi bisa diselesaikan pada periode 2014-2019 yang hanya tersisa tiga bulan. Sebab, ia mengatakan, DPR RI masih belum menerima dari pemerintah.

"Saya tidak terlalu optimis selesai tahun ini karena masa kerja kita tinggal tiga bulam, sementara kita punya kerjaan RUU yang sudah masuk ke kita," kata dia di Kompleks Parlemen RI Jakarta, Rabu (3/7).

DPR masih menunggu rancangan dari pemerintah eksekutif terkait undang-undang yang dinilai krusial untuk melindungi data pribadi warga negara. Komisi I belum menerima RUU data pribadi yang merupakan inisiatif pemerintah tentang perlindungan data pribadi.

"Kan pmerintah maunya cepat tapi sampai hari ini belum diserahkan pada DPR, lalu bagaimana mau cepat," kata dia.

Supiadin memprediksi, pembahasan RUU ini akan memakan waktu yang lama. Sehingga, ia memprediksi, RUU ini baru bisa dilanjutkan untuk dibahas oleh DPR RI periode 2019-2024.

"Tergantung mekanisme di baleg dan mekanisme di prolegnas (program Legislasi nasional), apakah memungkinkan usulkan jadi Prolegnas 2020 atau melanjutkan karena belum selesai," ujar dia.

RUU ini telah didiskusikan di DPR RI bersama sejumlah pemangku tanggung jawab terkait selama tiga tahun terakhir. Supiadin mengatakan, fraksi-fraksi pun telah menyadari pentingnya undang-undang ini seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi terutama berkembangnya media sosial.

Menurut Supiadin, sampai hari ini masih terdapat kebocoran kebocoran data pribadi. Supiadin mengatakan, bila hal ini tidak terkontrol dengan baik maka bisa terjadi keterbukaan data dan memicu munculnya kejahatan-kejahatan, misalnya perbankan.

Karena itu, lanjut dia, secara mendasar RUU ini dianggap perlu. Namun secara prosedural, RUU ini masih ada di Kementerian Komunikasi, dan Infomatika (Kemenkominfo).

"Jadi RUU ini saya katakan penting, bagi perlindungan data pribadi kita masing-masing, karena kita semua pasti punya kepentingan pribadi yang tidak ingin diketahui rahasia itu oleh orang lain, terutama yang berkaitan dengan masalah perbangkan," ujar dia.

Kementerian Komunikasi dan Informati (Kemenkominfo) mengakui tercecernya aturan untuk melindungi data pribadi. Kendala itu menyebabkan pengesahan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (PDP) memakan waktu panjang.

Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo Samuel Abrijani mengungkapkan, semangat PDP sebenarnya sudah dimiliki sejumlah lembaga pemerintah. Namun, tiap lembaga punya aturan masing-masing yang terkait PDP. Sehingga Kemenkominfo mesti menyinkronkan aturan yang tersebar itu.

"Ada 32 aturan perlindungan data pribadi, tetapi tercecer dan perlu disatukan. Sudah dibahas dari 2012, tetapi Dukcapil, bidang kesehatan, ngomong sendiri-sendiri. Maka, kami sinergikan," katanya, Rabu (2/7).


Berita Terkait
  • Kemenkominfo Akui Aturan Perlindungan Data Pribadi Tercecer
  • DPR Tunggu Pemerintah Serahkan RUU Perlindungan Data Pribadi
  • Tips Aman Pinjam Uang Secara Daring
Berita Lainnya
  • Anne Avantie tak Nilai Negatif Lansia Dititip di Panti Jompo
  • Setkab: Jateng dan Jatim Jadi Contoh Sinergi Pusat-Daerah

Nasdem Pesimistis RUU Data Pribadi Rampung Tahun Ini

Nasdem Pesimistis RUU Data Pribadi Rampung Tahun Ini

Nasdem Pesimistis RUU Data Pribadi Rampung Tahun Ini

Nasdem Pesimistis RUU Data Pribadi Rampung Tahun Ini

Nasdem Pesimistis RUU Data Pribadi Rampung Tahun Ini

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya