0
Thumbs Up
Thumbs Down

Nilai-Nilai Universal dalam La Galigo

Republika Online
Republika Online - Tue, 08 Oct 2019 19:19
Dilihat: 22
Nilai-Nilai Universal dalam La Galigo

JAKARTA - Epos La Galigo yang panjang ceritanya melebihi epos Mahabarata juga memiliki nilai-nilai universal. Sebelum epos itu disisipi ajaran Islam, sebenarnya La Galigo sudah mengandung nilai-nilai universal. Menambahkan nilai-nilai ajaran Islam ke dalam epos tersebut membuatnya semakin kaya dengan nilai-nilai positif.

Penulis buku Islamisasi Bugis, Andi Muhammad Akhmar, mengatakan, di dalam La Galigo terkandung ajaran dasar masyarakat Bugis. Di antaranya sipakatau, berasal dari kata Bugis yang berarti memanusiakan manusia. Juga sipakainge berasal dari kata Bugis yang berarti saling mengingatkan.

Kemudian, sipakalebbi yang dalam bahasa Bugis memiliki arti saling memuji, mengasihi, dan membantu. "Jadi, ada konsep gotong royong dan kemanusiaan di dalam epos La Galigo, maka kita juga harus memahami sejarah kebudayaan (untuk menggali nilai-nilai positifnya)," jelasnya

Hal serupa disampaikan Budayawan dan Penggerak Literasi, Nirwan Ahmad Arsuka. Menurut dia, La Galigo mengandung nilai-nilai kemanusiaan yang universal. Hampir sama dengan budaya-budaya lokal lain yang juga mengandung nilai-nilai uni versal. "Seperti semangat bekerja sa ma dan bergotong royong, itu ditemu kan di semua kebudayaan," katanya.

Di dalam epos La Galigo juga mengandung banyak nilai universal. Salah satunya sikap fleksibel seorang tokoh atau keluarga di La Galigo dalam menghadapi malapetaka dan penderitaan yang tidak terduga saat hidup. Malapetaka memang biasa terjadi dalam kehidupan manusia.

Namun, semua malapetaka itu sebenarnya bisa disikapi dengan cara yang positif. Sehingga, kejadian yang bisa mengakibatkan penderitaan besar tetap bisa dihadapi dengan baik. "Pada akhirnya justru orang atau keluarga yang tertimpa malapetaka itu tidak mengalami penderitaan yang panjang, tapi justru mengalami perubahan nasib yang lebih baik, bahkan naik derajatnya," jelasnya.

Nilai-nilai universal di dalam La Galigo sama dengan nilai universal dalam dongeng di tanah Sunda, Jawa, Jepang dan tempat lainnya. Namun, nilai-nilai universal yang lahir dari peradaban masyarakat Bugis sudah dituliskan karena orang Bugis sudah memiliki huruf.

"Sehingga La Galigo menjadi ajaran tertulis yang mudah disebarkan,'' katanya. Nirwan juga mengingatkan pentingnya mempelajari warisan budaya, seperti La Galigo dan Mahabarata. Tujuannya agar bisa mengambil nilai-nilai positif yang ter kandung di dalamnya dan menge tahui pemikiran nenek moyang di masa lalu. Sebab, sampai sekarang masih banyak orang yang hidup dengan ajaran moral dari epos Mahabarata.

Namun, dia menegaskan, orang Indonesia punya alasan lain untuk mempelajari epos La Galigo. Sebab, La Galigo karya asli orang Indonesia di masa lalu, sementara Mahabarata berasal dari India. Namun, alangkah lebih bagus kalau dipelajari duaduanya karena manusia tidak boleh membatasi diri. Intinya, masyarakat Indonesia harus bangga dengan La Galigo karena epos yang panjang dan mengandung nilai-nilai universal itu lahir di Indonesia


Berita Terkait
  • Tradisi Bissu di Masyarakat Bugis Terancam Punah
  • Lima Gender dalam Masyarakat Bugis Dibahas di Melbourne
  • Museum La Galigo Pamerkan Kain Tradisional Nusantara
Berita Lainnya
  • Daerah Harus Bantu Kota Bandung Uraikan Kemacetan
  • Pengamat Sebut Album Kamila Siap Tembus Pasar Internasional

Nilai-Nilai Universal dalam La Galigo

Nilai-Nilai Universal dalam La Galigo

Nilai-Nilai Universal dalam La Galigo

Nilai-Nilai Universal dalam La Galigo

Nilai-Nilai Universal dalam La Galigo

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya