0
Thumbs Up
Thumbs Down

Nostalgia Hari Ini: Ketika Wanita Dilarang Main Sepak Bola

Football5star
Football5star - Sat, 05 Dec 2020 15:32
Dilihat: 65

Indonesia - Dalam beberapa tahun terakhir sepak bola wanita mulai menunjukkan tajinya. Tidak hanya dari kualitas permainan, para fan juga sudah melirik sepak bola wanita.

Hingga sekarang talenta-talenta hebat sepak bola wanita sudah banyak bermunculan. Bahkan beberapa di antara mereka mampu mengungguli atau setidaknya menyamai para pemain pria.

Sebut saja legenda Brasil, Marta, yang mencetak 17 gol di Piala Dunia. Torehan ini sekaligus menjadikannya top skorer Piala Dunia sepanjang masa. Mengungguli pesepak bola pria, Miroslav Klose, yang mencetak 16 gol.

eachother.com

Selain Marta, pemain lain yang mampu menyaingi pesepak bola pria adalah Carli Llyod. Legenda Amerika Serikat menyamai rekor Geoff Hurst yang membukukan hat-trick di final Piala Dunia. Hingga sekarang, hanya mereka yang bisa melakukannya.

Akan tetapi,di balik kehebatan Marta, Carli Llyod, dan ribuan pesepak bola wanita lainnya,upaya mereka untuk membuktikan diri tidaklah mudah.

Isu gender tidak bisa dilepaskan dari sepak bola. Dan masalah ini pula yang pernah menghantui para wanita di Inggris yang ingin menjadi pesepak bola profesional.

Inggris,yang pada Piala Dunia wanita 2019 lalu mengukir sejarah dengan menembussemifinal untuk pertama kalinya ternyata pernah berada di titik terendah. FAselaku induk sepak bola Negeri Ratu Elizabeth pernah melarang wanita bermainsepak bola.

Larangan ini dikeluarkan pada 5 Desember 1921 silam. FA beralasan sepak bola tidak cocok untuk wanita. Tindakan FA ini juga dianggap sebagai ketakutan mereka atas semakin populernya pertandingan wanita di awal abad ke-20.

historyextra

FA khawatir popularitas sepak bola wanita akan mengancam kesuksesan sepak bola pria. Tak pelak larangan ini membuat sepak bola wanita yang sedang berkembang di Inggris menjadi mati suri.

Padahal sebelum larangan tersebut kompetisi sepak bola wanita di Inggris sangat diminati. Bahkan pertandingan Kerr'Ladies melawan St Helen pada 1920 disaksikan 53 ribu fan di stadion.

Dengan adanya larangan wanita bermain sepak bola, kompetisi-kompetisi resmi dihentikan. Imbasnya, beberapa klub dibubarkan. Dan salah satunya adalah Dick Kerr's.

Cukup lama sepak bola wanita di Inggris dilarang oleh FA. Bahkan para pemain dan fan sampai membentuk asosiasi sepak bola wanita sendiri 1969 silam.

Adapun FA, yang melarang sepihak sepak bola wanita, baru meminta maaf atas keputusan 99 tahun silam pada 2008 lalu.


The post Nostalgia Hari Ini: Ketika Wanita Dilarang Main Sepak Bola appeared first on Berita Bola Terupdate, Live Score, Jadwal & Klasemen - Football5star.com.

Sumber: Football5star

Nostalgia Hari Ini: Ketika Wanita Dilarang Main Sepak Bola

Nostalgia Hari Ini: Ketika Wanita Dilarang Main Sepak Bola

Nostalgia Hari Ini: Ketika Wanita Dilarang Main Sepak Bola

Nostalgia Hari Ini: Ketika Wanita Dilarang Main Sepak Bola

Nostalgia Hari Ini: Ketika Wanita Dilarang Main Sepak Bola

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya