0
Thumbs Up
Thumbs Down

Nostalgia Hari Ini: PSSI Cabut Mandat PT Liga Indonesia

Football5star
Football5star - Sun, 25 Oct 2020 12:00
Dilihat: 50

Football5Star.com, Indonesia - Hari ini, sembilan tahun yang lalu, perseteruan dalam tubuh PSSI memasuki babak baru. PSSI pimpinan Djohar Arifin saat itu akhirnya memutuskan mencabut mandat PT Liga Indonesia sebagai operator kompetisi.

Pada awal-awal masa kepemimpinannya di PSSI, Djohar Arifin memang banyak mengeluarkan keputusan kontroversial. Dia mengubah kompetisi, dari awalnya bernama Indonesia Super League (ISL), diganti menjadi Indonesia Premier League.

Hal itu banyak membuat klub-klub anggota tak puas. Alhasil, dua kompetisi itu tetap jalan terus. Hal tersebut tampaknya seperti bola salju. Terlalu lama bergulir hingga akhirnya memendam banyak masalah.

Pada 25 Oktober 2011, PSSI akhirnya mencabut semua kewenangan PT Liga Indonesia secara resmi. "PSSI mencabut delegasi penyelenggaraan kompetisi sepak bola profesional dari PT Liga Indonesia, dan menyatakan PT LI sudah tidak memiliki kewenangan apa pun yang berkaitan dengan penyelenggaraan kompetisi profesional di bawah yurisdiksi PSSI," demikian salah satu butir keputusan tertulis kala itu.

Dalam rilisnya, PSSI merasa berhak mencabut mandat PT LI karena beberapa pertimbangan terkait Pasal 79 Statuta PSSI. Di antaranya, terpilihnya pengurus baru PSSI berdasarkan Kongres Luar Biasa PSSI Tahun 2011, posisi PT Liga yang masih dalam pemeriksaan audit laporan keuangan.

Selain itu adanya tenggat waktu dari AFC untuk penyelenggaraan kompetisi profesional yang mendesak PSSI untuk segera membentuk badan hukum baru sebagai penyelenggara kompetisi tersebut.

PT Liga Indonesia Melawan

Dipreteli, PT Liga Indonesia saat itu melawan. Bermodal dari penolakan 14 klub yang ogah ikut dalam Indonesia Premier League, mereka lantas menyiapkan rencana kompetisi baru.

Pada hari yang sama, PT LI lantas menggelar rapat. Diputuskan kalau Indonesia Super League akan terus berlanjut pada 2011. Mereka saat itu merasa kalau menggulirkan kompetisi sendiri, bukan karena melawan. Tapi untuk menjalankan amanah dari 14 klub yang ogah main di Indonesia Premier League.

Dok. Bolanet

Mereka lantas merencanakan menggelar ISL 2011 pada 1 Desember dengan mempertandingan Persipura Jayapura vs Arema. Meski akhirnmya Persija Jakarta dan Deltras Sidoarjo lah yang membuka turnamen itu.

Dari perseteruan inilah, awal mula terjadinya dualisme di Indonesia. Sampai memang berpengaruh kepada legilitas klub yang berdampak hingga beberapa tahun setelahnya.


The post Nostalgia Hari Ini: PSSI Cabut Mandat PT Liga Indonesia appeared first on Berita Bola Terupdate, Live Score, Jadwal & Klasemen - Football5star.com.

Sumber: Football5star

Nostalgia Hari Ini: PSSI Cabut Mandat PT Liga Indonesia

Nostalgia Hari Ini: PSSI Cabut Mandat PT Liga Indonesia

Nostalgia Hari Ini: PSSI Cabut Mandat PT Liga Indonesia

Nostalgia Hari Ini: PSSI Cabut Mandat PT Liga Indonesia

Nostalgia Hari Ini: PSSI Cabut Mandat PT Liga Indonesia

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya