0
Thumbs Up
Thumbs Down

Nostalgia Hari Ini: Saat Pemain India Lawan Prancis Tanpa Alas Kaki

Football5star
Football5star - Sat, 31 Jul 2021 10:38
Dilihat: 48

Football5star.com, Indonesia - Apa jadinya jika pemain sepak bola bertanding tanpa alas kaki atau sepatu bola. Mungkin akan sangat kesulitan, apalagi jika kondisi lapangan basah. Namun hal itu yang dilakoni para pemain India saat melawan Prancis pada 31 Juli 1948 silam.

Tepat hari ini, 31 Juli, 73 tahun silam, India melakoni pertandingan internasional pertama mereka di babak fase grup cabang sepak bola Olimpiade 1948 London. Saat itu, timnas India melawan Prancis di Stadion Cricklefield, London.

Dikutip Football5star.com dari Times of India, saat itu timnas India diperkuat pemain legenda mereka seperti kapten tim, Talimeren Ao, bek yang juga sekaligus bekerja sebagai tenaga medis. Lalu ada pemain lain seperti Sailen Manna, satu-satunya pemain dari Asia yang dinobatkan oleh Federasi Sepak Bola Inggris (FA) sebagai 10 kapten terbaik di dunia.

Sportskeeda

Menurut laporan pertandingan, kondisi cuaca di Stadion Cricklefield saat itu berawan dan basah. Lapangan stadion pun basah dan dingin. Laga ditonton oleh 17 ribu penonton. Pemain India yang sebagian besar tanpa alas kaki itu cukup kesulitan beradaptasi dengan kondisi lapangan yang basah dan dingin.

Menariknya, permainan timnas India cukup merepotkan Prancis. Bahkan timnas India sempat mendapat dua kali hadiah penalti. Sayang dua eksekusi penalti itu gagal dikonversi menjadi gol oleh pemain India.

Prancis memimpin terlebih dahulu lewat gol Rene Courbin pada menit ke-30. Skor 1-0 bertahan di babak pertama. Pada babak kedua tepatnya pada menit ke-70, India berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Sarangapani Raman.

Striker kelahiran Bangalore tersebut sebelumnya gagal menjadi algojo penalti India. Namun pada menit akhir pertandingan, India harus telan pil pahit. Menit ke-89, Prancis unggul 2-1 lewat gol yang dicetak Ren Persillon. Skor 2-1 bertahan hingga akhir babak kedua.

Timnas India Diundang Raja Inggris

Pemain India yang tampil spartan tanpa alas kaki melawan Prancis di London tersebut menarik perhatian publik Inggris. Raja Inggris saat itu, Raja George VI bahkan sampai mengundang skuat India untuk makan malam bersama di Istana Buckingham.

Pada satu momen, Raja George VI yang penasaran atas kekuataan skuat India itu lalu meminta bek Sailen Manna untuk menggulung celananya dan menunjukkan kakinya.

Sang Raja seperti dikutip dari Times of India lalu bertanya kepada Manna, apakah kakinya terbuat dari baja. Meski tidak meraih hasil bagus di pertandingan pertamanya, aksi timnas India yang bertanding tanpa alas kaki itu menjadi kesan tersendiri bagi publik Inggris.

Menariknya, sebelum pertandingan melawan Prancis di London. Skuat India sebenarnya sempat mengenakan sepatu bot saat melakoni laga uji coba. Namun hal itu dilakukan karena lapangan basah karena hujan lebat.

Sebenarnya selama Olimpiade 1948 di London, timnas India memiliki kebijakan untuk para pemainnya menggunakan sepatu jika kondisi lapangan sangat basah karena hujan. Tapi jika kondisi lapangan kering, para pemain lebih memilih untuk bermain tanpa alas kaki dan menggunakan perban sebagai pelindung kakinya.


Dari 11 pemain yang turun melawan Prancis di Stadion Cricklefield, 8 pemain bertelanjang kaki dan hanya tiga pemain yang menggunakan sepatu sepak bola.

Sumber: Football5star

Nostalgia Hari Ini: Saat Pemain India Lawan Prancis Tanpa Alas Kaki

Nostalgia Hari Ini: Saat Pemain India Lawan Prancis Tanpa Alas Kaki

Nostalgia Hari Ini: Saat Pemain India Lawan Prancis Tanpa Alas Kaki

Nostalgia Hari Ini: Saat Pemain India Lawan Prancis Tanpa Alas Kaki

Nostalgia Hari Ini: Saat Pemain India Lawan Prancis Tanpa Alas Kaki

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya