0
Thumbs Up
Thumbs Down

Nusasari Ditetapkan Sebagai Desa Kakao Devisa

Nusabali
Nusabali - Sun, 08 Dec 2019 09:18
Dilihat: 32
Nusasari Ditetapkan Sebagai Desa Kakao Devisa
NEGARA,
Predikat Nusasari sebagai Desa Kakao Devisa (Dekade) dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)-Indonesia Eximbank (IEB), ini diresmikan di Koperasi Kerta Samaya Samaniya, Desa Nusasari, Kecamatan Melaya, Jumat (6/12).

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Eksekutif LPEI-IEB, Sinthya Roesly, Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan, Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Bali,NTB dan NTT, Hendra Prasmono, Ketua Komisi B DPRD Jembrana, I Ketut Suastika, serta Kelian Subak Abian se Kabupaten Jembrana.

"Sebenarnya ada 30 desa di seluruh Indonesia yang berpotensi menghasilkan devisa kakao. Potensi itu berdasarkan pemetaan kami bersama IPB (Institut Pertanian Bogor) untuk mengakurasi lebih dari 30 desa secara nasional. Nah, Jembrana terpilih sebagai kabupaten yang berpotensi sebagai model atau pilot project Desa Kakao Devisa di Indonesia," kata Sinthya Roesly.

Menurutnya, jika Kabupaten Jembrana sukses menerapkan Dekade, maka akan diterapkan secara nasional. Dalam upaya mendukung program Dekade ini pihaknya dari LPEI-IEB sudah berupaya memberikan dukungan kepada petani kakao Jembrana mulai tahun 2012. Bentuknya, selain pendampingan, juga ada bantuan alat, pelatihan, serta kompetensi petani.

"Karena pengetahuan dan kemampuan itu tidak akan pernah cukup sehingga perlu didorong lebih jauh," terangnya. Khusus Desa Nusasari yang telah ditetapkan sebagai Dekade, Sinthya Roesly mangaku, juga akan membangun berbagai program untuk mendukung petani.

"Kita akan upgrade skill dan kompetensi petani, kapasitas maupun kemampuan koperasi. Termasuk sisi managerial koperasi produksi kakao, serta mendorong ekspor produk agar bisa keluar mendukung kakao sebagai ikon Kabupaten Jembrana. Untuk itu kami juga berharap kolaborasi dan sinergitas seluruh komponen, baik Pemerintah Pusat, Daerah, masyarakat, komunitas, koperasi dan petani," ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan, menyambut gembira dicanangkannya Desa Devisa berbasis komoditi kakao di Kabupaten Jembrana. Dipilihnya Jembrana sangat tepat, karena pengembangan dan pemberdayaan komoditas kakao melalui program kakao lestari yang telah berlangsung selama hampir 8 tahun. "Hal ini tentu menambah semangat para petani kakao Jembrana, " ucapnya.

Secara khusus, Wabup Kembang juga mengapresiasi salah satu peran strategis yang telah diambil Koperasi Kerta Samaya Samaniya dalam membangun kualitas kakao Jembrana, dengan memfasilitasi pemasaran yang berkelanjutan. 7 ode
Sumber: Nusabali

Nusasari Ditetapkan Sebagai Desa Kakao Devisa

Nusasari Ditetapkan Sebagai Desa Kakao Devisa

Nusasari Ditetapkan Sebagai Desa Kakao Devisa

Nusasari Ditetapkan Sebagai Desa Kakao Devisa

Nusasari Ditetapkan Sebagai Desa Kakao Devisa

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya