0
Thumbs Up
Thumbs Down

Padukan Wisata Desa Tradisi dan Bonsai

Nusabali
Nusabali - Sun, 05 Dec 2021 08:01
Dilihat: 78
Padukan Wisata Desa Tradisi dan Bonsai
BANGLI,
Penglipuran Village Festival (PVF) VIII akan berlangsung, Selasa (7/12) - Minggu (12/12). Fetival ini tergolong unik karena memadukan pesona wisata Desa Tradisonal Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Bangli, dengan keindahan bonsai.

Ratusan tanaman bonsai turut memeriahkan PVF di desa itu. Pameran bonsai ini dari kalangan warga lokal, luar Bangli, hingga luar Provinsi Bali. Ketua PPBI (Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia) Cabang Bangli, I Nyoman Susila mengatakan para pecinta bonsai meramaikan gelaran PVF bertema Green Destination Berbasis CHSE, yakni program Kemenparekraf berupa penerapan protokol kesehatan yakni cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan). Dengan keikut sertaan PPBI Bangli diharapkan bisa ikut memromosikan Desa Wisata Penglipuran. Selain itu mendukung ekonomi kreatif khususnya tanaman hias, pembudidayaan bonsai, UMKM seperti penyedia alat dan media tanam untuk bonsai dan tanaman hias lainnya. "Kami ikut karena ada keterkaitan dengan tema yang diangkat tahun ini," jelas Kepala SMKN 1 Bangli ini, Sabtu (4/12).

Menurut Nyoman Susila, bonsai para peserta ditempatkan di depan rumah atau angkul-angkul milik warga. Para pengunjung bisa menyaksikan deretan bonsai sembari mengunjungi setiap rumah. Dia menyebutkan pameran ini menyisiapkan 350 - 400 slot tempat pohon. Para peserta datang dari berbagai daerah bahkan dari luar provinsi Bali. "Peserta dari luar Bali yang sudah mendaftar seperti dari Blitar, dan Gunung Kidul, Mojokerto, Tanggerang, Banten," ungkapnya.

Bonsai mulai didatangkan pada Sabtu (4/12) - Minggu (5/12). Sedangkan pameran pada 7 - 12 Desember. Pameran ini disertai lomba bonsai, penjurian pada Senin (6/12), ditandai penancapan bendera. Di PVF ini juga ada pelaku bursa tanaman hias/bonsai dari Bali dan luar Bali.

Pengelola Desa Wisata Penglipuran I Nengah Moneng mengatakan, ciri khas PVF tahun ini adalah pameran bonsai di sepanjang jalan Desa Adat Penglipuran. "Ini kegiatan terbaru dalam festival ini," terangnya. Rencana, PVF akan dibuka Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Rizki Handayani Muztafa.*esa
Sumber: Nusabali

Padukan Wisata Desa Tradisi dan Bonsai

Padukan Wisata Desa Tradisi dan Bonsai

Padukan Wisata Desa Tradisi dan Bonsai

Padukan Wisata Desa Tradisi dan Bonsai

Padukan Wisata Desa Tradisi dan Bonsai

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya