0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pakar Bilang Kucing Rentan Terinfeksi Virus Corona karena...

wartaekonomi
wartaekonomi - Thu, 30 Jul 2020 13:34
Dilihat: 30
London

Tertular virus corona dari majikannya, seekor kucing positif Covid-19 dan ini merupakan kasus pertama di Inggris.

"Tes virus corona dilakukan oleh laboratorium Badan Kesehatan Hewan dan Tanaman yang telah dirujuk oleh dokter hewan swasta," ungkap Direktur Medis Kesehatan Masyarakat Inggris Yvonne Doyle.

Baca Juga: Inilah Kucing Pertama Covid-19 yang Terinfeksi Corona

Dia juga mengungkapkan gejala yang dialami kucing ketika terinfeksi virus corona.

"Gejalanya berupa infeksi pernapasan dengan keluarnya hidung dan napas pendek," tambahnya.

Meskipun tak ada bukti hewan peliharaan lainnya dapat secara langsung menularkan virus pada manusia, namun pada kasus ini bukti menunjukkan kucing mendapatkan Covid-19 dari pemiliknya.

Jika hewan peliharaan tidak sehat, maka harus mengisolasinya di dalam ruangan sampai pulih kembali. Jika Anda cukup khawatir, maka Anda bisa membawa hewan peliharaan ke dokter hewan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kucing adalah spesies hewan yang paling rentan terhadap coronavirus SARS-CoV-2 dan dapat menularkannya ke kucing lain.

"Pengujian yang dilakukan oleh Badan Kesehatan Hewan dan Tumbuhan telah mengkonfirmasi bahwa virus yang bertanggung jawab untuk Covid-19 telah terdeteksi pada kucing peliharaan di Inggris," kata Kepala Petugas Veteriner Christine Middlemiss.

Ia mengungkapkan jika dalam kasus ini cukup langka, hingga saat ini hewan yang terdeteksi terinfeksi virus menunjukkantanda-tanda klinis ringan dan pulih dalam beberapa hari.

Karena hal tersebut WHO mengatakan akan menyelidiki kemungkinan infeksi kucing ke manusia. Namun, kepala ilmuwan WHO mengatakan adanya risiko yang sangat kucing penularan dari hewan peliharaan.

Baca Juga: Alamak! Kucing Ini Positif Terinfeksi Covid-19, Kok Bisa?

Sementara Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA) meyakinkan pemilik hewan peliharaan bahwa tidak ada bukti manusia dapat menangkap virus dari kucing atau anjing.

Tetapi, mereka memperingatkan semua orang harus mencuci tangan setelah membelai kucing atau anjing, terutama setelah dijilat.

"Kami ingin meyakinkan pemilik hewan peliharaan bahwa ada beberapa kucing yang telah dites positif virus corona di Inggris. Tapi, masih belum ada bukti bahwa orang bisa tertular dari hewan peliharaannya," sebut RSPCA.

Sejumlah kecil hewan ini telah dinyatakan positif terinfeksi virus corona dan menunjukkan gejala. Diketahui beberapa hewan itu terinfeksi akibat pengaruh lingkungan serta yang lainnya karena tertular dari manusia.

Karena tidak ada bukti penularan virus dari hewan peliharaan ke manusia, ahli menyarankan semua orang tidak perlu khawatir. Namun, mereka harus tetap mengambil tindakan pencegahan yang masuk akal seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh kucing.

"Sama halnya dengan tangan manusia, bulu hewan peliharaan juga bisa membawa virus. Sehingga penting untuk menerapkan kebersihan yang baik ketika berinteraksi dengan hewan peliharaan," tuturnya.

Penulis: Redaksi

Editor: Muhammad Syahrianto


Foto: Unsplash/Kim Davies

Sumber: wartaekonomi

Pakar Bilang Kucing Rentan Terinfeksi Virus Corona karena...

Pakar Bilang Kucing Rentan Terinfeksi Virus Corona karena...

Pakar Bilang Kucing Rentan Terinfeksi Virus Corona karena...

Pakar Bilang Kucing Rentan Terinfeksi Virus Corona karena...

Pakar Bilang Kucing Rentan Terinfeksi Virus Corona karena...

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya