0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pantai Batu Bolong Jadi 'Wisata Ikan'

Nusabali
Nusabali - Fri, 19 Jul 2019 15:29
Dilihat: 24
Pantai Batu Bolong Jadi 'Wisata Ikan'
DENPASAR, .com
Tak perlu menjala, apalagi memancing. Astungkara ribuan ikan mendadak muncul sendiri di Pantai Batu Bolong, Desa Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung. Sejak Minggu (14/7/2019) malam hingga Kamis (18/7/2019) malam, ribuan ikan jenis lemuru terus terdampar seolah tak ada habisnya.

Bukan hanya warga sekitar, namun beberapa pengunjung sengaja datang ke Pantai Batu Bolong untuk melihat langsung keseruan ikan-ikan lemuru yang menyerbu daratan. "Awalnya ya karena penasaran saja sejak melihat viral di sosial media. Makanya saya dari Mengwi dating ke sini," kata Afrizal Setiawan saat ditemui berada di Pantai Batu Bolong, Kamis (18/7/2019) malam.

Ikan bernama latin Sardinella Lemuruini dipunguti warga dengan menggunakan kantong plastik berukuran kecil hingga besar.Bahkan beberapa dari mereka membawa boks ataupun ember kecil. Bahkan untuk mendapatkan hasil optimal, ada yang sengaja pakai jaring.

"Saya ke sini dari jam 19.00 WITA," kata Nengah Siadi yang berbekal jaring. Saking niatnya, Nengah Siadi pun mengajak istrinya untuk membantunya.

Ia menangkap ikan lemuru yang terdorong ombak sekitar 10 meter dari bibir pantai. "Bersama istri. Kami bagi tugas. Saya yang nangkap ikannya, istri saya yang jual," ujar bapak satu anak ini sambil mememerkan hasil tangkapan di jaringnya.

Ia mengaku awalnya ikan yang ia tangkap untuk dimakan sendiri bersama keluarga di rumah dan dibagikan ke tetangga sekitar.
"Tapi mumpung ramai pengunjung, kami jual sekalian ikan-ikannya. Biar yang tidak bisa nangkap ikan, bisa mencicipi ikannya," sahut sang istri, Nyoman Sutiasih.

Pasangan suami istri asal Banjar Padang Linjong, Canggu ini menjual ikan lemuru hasil tangkapan suaminya dengan harga Rp 10 ribu per kantong plastik kecil dengan berat sekitar 1 kilogram. Selain Nengah Siadi dan Nyoman Sutiasih ada puluhan orang lainnya juga melakukan hal yang sama. Mereka menawarkan ikan lemuru tangkapannya dengan penerangan lampu portabel.

Fenomena ribuan ikan lemuru yang seolah terdampar di pantai ini sendiri merupakan peristiwa oseanografi. Naiknya ikan lemuru ke permukaan disebabkan adanya anomali suhu udara atau dinginnya air laut. Ketika air laut surut, ikan-ikan itu terdorong gelombang laut ke pantai sehingga terkesan terdampar. (zky)
Sumber: Nusabali

Pantai Batu Bolong Jadi 'Wisata Ikan'

Pantai Batu Bolong Jadi 'Wisata Ikan'

Pantai Batu Bolong Jadi 'Wisata Ikan'

Pantai Batu Bolong Jadi 'Wisata Ikan'

Pantai Batu Bolong Jadi 'Wisata Ikan'

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya