0
Thumbs Up
Thumbs Down

Paruman 23 Bendesa Adat Bahas Bansos

Nusabali
Nusabali - Sat, 07 Dec 2019 16:23
Dilihat: 35
Paruman 23 Bendesa Adat Bahas BansosAMLAPURA,
Paruman ini membahas pengelolaan bantuan sosial (bansos) dari provinsi dan kabupaten. Harapannya, selamat kelola bansos dan terhindar dari masalah hukum.

Bendesa Alitan Majelis Desa Adat Kecamatan Karangasem I Wayan Bagiartha menginstruksikan agar bendesa adat mengelola bansos provinsi dan kabupaten sesuai APBDes adat masing-masing. Tidak bisa mendanai kegiatan di luar perencanaan. Penggunaan anggaran mengacu amanat Perda Nomor 04 tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali. Provinsi Bali kucurkan dana Rp 300 juta ke desa adat. Penggunaan anggaran wajib dipertanggungjawabkan.

Wayan Bagiartha yang juga Bendesa Adat Tegallinggah mengingatkan agar seluruh dokumen belanja barang dan jasa disimpan dalam bentuk file. Jika ada petugas melakukan pemeriksaan lebih mudah menunjukkan bukti-bukti realisasi bantuan. Sesuai amanat Perda Nomor 04 tahun 2019, khususnya Bab VI agar benar-benar dijalankan dan difungsikan sesuai bidang tugasnya masing-masing menyangkut prajuru, sabha desa, kerta desa, banjar adat, dan lainnya.

Wayan Bagiartha mewanti-wanti dalam penggunaan bantuan sosial agar tidak berdampak hukum. "Arsip pemasukan dan pengeluaran disimpan, tidak boleh ada yang hilang. Bagi yang belum paham menyusun administrasi pertanggungjawaban, saya bisa bantu," tambahnya. Bantuan tersebut bisa digunakan untuk belanja rutin, belanja program provinsi dan kabupaten. Nantinya ada pertemuan yang secara khusus membahas teknik menyusun laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran di desa adat.

Panyarikan Majelis Desa Adat Kecamatan Karangasem Jro Nengah Suarya juga menekankan pentingnya tertib administrasi agar jika ada pemeriksaan, tidak ada temuan. "Mengenai teknik menyusun pertanggungjawaban penggunaan keuangan desa adat, sudah ada formatnya, tinggal menirukan format itu. Asalkan seluruh bukti-bukti pengeluaran dan pemasukan ada berkasnya," katanya. Laporan pertanggungjawaban wajib disusun di akhir tahun. *k16
Sumber: Nusabali

Paruman 23 Bendesa Adat Bahas Bansos

Paruman 23 Bendesa Adat Bahas Bansos

Paruman 23 Bendesa Adat Bahas Bansos

Paruman 23 Bendesa Adat Bahas Bansos

Paruman 23 Bendesa Adat Bahas Bansos

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya