0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pasraman Desa Culik Libatkan 54 Siswa SD

Nusabali
Nusabali - Sat, 03 Dec 2022 11:30
Dilihat: 117
Pasraman Desa Culik Libatkan 54 Siswa SD
Kegiatan pasraman yang diberi nama 'Pasraman Jiwa Amertha' ini berlangsung 28 November-6 Desember 2022. Kegiatan berpusat di Wantilan Pura Puseh, Banjar Amerta Sari, Des Adat Culik, Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (2/12). Kegiatan pasraman berlangsung sepulang anak-anak dari sekolah, pukul 14.00 Wita-17.00 Wita, mendapatkan materi dharma gita, nyastra dan membuat upakara. Baga Pawongan Desa Adat Culik I Wayan Jaya yang mengoordinasikan kegiatan tersebut. "Kami menggelar pasraman untuk siswa SD, agar mendapatkan pemahaman langsung mengenai tata cara membuat upakara, sehingga sejak dini mengetahui cara membuat upakara tersebut," jelas I Wayan Jaya.

Selama ini, kata I Wayan Jaya, pelaksanaannya di desa adat, membuat upakara, seperti keranjang suci, ancak dan beragam lainnya, hanya dari kalangan generasi tua yang aktif mengerjakan di masyarakat. "Pasraman bertujuan agar anak-anak, juga memahami membuat upakara yang jadi kebutuhan masyarakat sehari-hari, selain untuk melestarikan budaya lokal," tambahnya.

54 siswa yang terlibat berasal dari SDN 1 Culik, SDN 2 Culik dan SDN 3 Culik. Dari masing-masing SD juga terlibat melakukan pembinaan langsung, I Nengah Ngetis membina dharma gita, I Nengah Putu membina nyastra dan Ni Luh Mangku membina upakara. "Nanti di acara penutupan, seluruh hasil karya dipamerkan, dan dievaluasi. kegiatan ini rencananya berlanjut setiap setahun sekali," tambahnya.

I Nengah Ngetis, I Nengah Putu dan Ni Luh Mangku mengapresiasi kegiatan Desa Adat Culik, memberdayakan kemampuan siswa. Apalagi kegiatan di pasraman menunjang pendidikan di sekolah, sehingga siswa tersebut bisa menularkan kepada rekan-rekannya.

Sebab, setelah siswa itu menguasai tata cara membuat upakara nantinya bisa diimplementasikan di Desa Adat Culik yang mewilayahi 11 banjar adat: Pekandelan, Geria, Buayang, Seloni, Amertasari, Tegallinggah, Kangkaang, Kebon, Amed, Babakan dan Lebah.*k16
Sumber: Nusabali

Pasraman Desa Culik Libatkan 54 Siswa SD

Pasraman Desa Culik Libatkan 54 Siswa SD

Pasraman Desa Culik Libatkan 54 Siswa SD

Pasraman Desa Culik Libatkan 54 Siswa SD

Pasraman Desa Culik Libatkan 54 Siswa SD

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya